Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Keunggulan Arang Sekam sebagai Media Tanam? Ini Penjelasannya

Kompas.com - Diperbarui 16/01/2023, 11:42 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Agar tanaman dapat tumbuh dengan baik dan sehat, maka dibutuhkan media tanam. Arang sekam atau sekam bakar banyak dimanfaatkan sebagai campuran media tanam dan media tanam murni alias tanpa campuran.

Dilansir dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, arang sekam digunakan sebagai media tanam hidroponik dan campuran media tanam berbasis tanah.

Arang sekam merupakan media tanam yang baik, karena memiliki kandungan SiO2 52 persen dan unsur C 31 persen, serta komposisi lainnya seperti Fe2O3, K2O, MgO, CaO, MnO dan Cu dalam jumlah yang sangat sedikit.

Baca juga: Cara Menanam Tanaman Hias Menggunakan Media Tanam Air

Ilustrasi membuat media tanam untuk tanaman dari berbagai bahan, salah satunya arang sekam. SHUTTERSTOCK/PARKIN SRIHAWONG Ilustrasi membuat media tanam untuk tanaman dari berbagai bahan, salah satunya arang sekam.

Unsur hara pada arang sekam antara lain nitrogen (N) 0,32 persen, phosphat (P) 0,15 persen, kalium (K) 0,31 persen, kalsium (Ca) 0,96 persen, Fe 180 ppm, Mn 80.4 ppm, Zn 14.10 ppm, dan pH 8,5-9,0.

Arang sekam atau sekam bakar memiliki karakteristik yang ringan, yakni berat jenis 0,2 kg per liter, serta kasar sehingga sirkulasi udara tinggi, kemampuan porositas yang baik dan kemampuan menyerap air rendah.

Tidak hanya itu, arang sekam mengandung silika (Si) yang cukup tinggi, yakni sebesar 16,98 persen. Silika (Si) merupakan unsur yang tidak penting untuk tanaman dan bukan unsur hara.

Akan tetapi, keberadaan unsur silika (Si) diketahui dapat memperbaiki sifat fisik tanaman dan berpengaruh terhadap kelarutan P dalam tanah. Jika unsur silica (Si) dalam tanah kurang dari 5 persen, maka tegak tanaman tidak kuat dan mudah roboh.

Baca juga: Campuran Media Tanam yang Subur untuk Tanaman Hias

Dengan banyaknya unsur yang dikandung oleh arang sekam, maka sangat baik digunakan untuk media tanam. Berikut beberapa manfaat dan keunggulan arang sekam sebagai media tanam.

  • Menjaga kondisi tanah tetap gembur, karena memiliki porositas tinggi dan ringan
  • Memacu pertumbuhan (proliferation) mikroorganisme yang berguna bagi tanaman
  • Mengatur pH tanah pada kondisi tertentu

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com