Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Trik Membuat Rumah Beraroma Harum dan Segar Secara Alami

Kompas.com - 27/12/2021, 21:07 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Kitchn

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah yang nyaman tak hanya memiliki desain dan dekorasi yang menarik, tapi juga aroma yang harum dan segar, 

Banyak cara memberikan aroma segar dan harum di dalam rumah, salah satunya menggunakan pewangi atau pengharum ruangan.

Namun, bagi Anda yang menginginkan aroma segar dan harum secara alami, ada beberapa cara mewujudkannya seperti dilansir dari The Kitchn, Senin (27/12/2021). 

Baca juga: 5 Tips Membuat Kamar Mandi Tetap Harum Setiap Saat 

Serap bau dengan baking soda 

Ilustrasi baking soda atau soda kue. Selain sebagai bahan pembersih serbaguna, baking soda juga ampuh menghilangkan bau tidak sedap. FREEPIK Ilustrasi baking soda atau soda kue. Selain sebagai bahan pembersih serbaguna, baking soda juga ampuh menghilangkan bau tidak sedap.
Terkadang, menjaga ruangan dalam kondisi harum berarti mencegah bau tidak sedap mengambil alih atmosfer, terutama jika Anda secara teratur memasak dengan rempah-rempah beraroma khas.

Untuk mengatasinya, letakkan beberapa mangkuk baking soda di sekitar rumah dan ganti setiap minggu. Ini sangat bagus menghilangkan bau di dapur

Baca juga: Wajib Tahu, 10 Cara Mudah Menghilangkan Bau Apek di Rumah 

Buat semprotan ruangan DIY

Steve Schwartz, pendiri dan master blender teh di Art of Tea—pemasok teh yang berbasis di Los Angeles, Amerika Serikat menjelaskan, jika konsentrat tanaman seperti eucalyptus, lavender, dan lemon dapat menjadi pengharum ruangan yang baik.

Untuk memanfaatkannya, rendam tanaman dalam air panas seperti membuat teh, lalu pindahkan campurannya ke dalm botol semprot untuk menyegarkan dapur.

Fakta menarik lainnya adalah teh ini dapat menyerap bau alami. Bahkan, Anda bisa menggunakan daun teh kering yang sudah tua untuk menghilangkan bau pada kulkas. 

Baca juga: 8 Cara Menjaga Kamar Mandi Tetap Harum Tanpa Pewangi Ruangan 

Rebus kulit lemon 

Ilustrasi lemon. UNSPLASH/EGGBANK Ilustrasi lemon.
Setelah menggunakan lemon, jangan membuang kulitnya. Menurut chef Carla Contreras, perasaan lemon dapat mengharumkan ruangan yang berbau, terutama dapur.

“Saya menempatkan lemon dalam panci kaldu raksasa dan mengisinya dengan air, lalu membiarkannya mendidih di atas kompor selama berjam-jam. Hal ini akan membuat aroma segar pada ruangan."  

Baca juga: 6 Trik Membuat Rumah Harum Sepanjang Hari 

Biji kopi panggang

Untuk membuat ruangan lebih wangi, ambil beberapa biji kopi dan masukkan ke oven pada suhu 400 derajat Celsius selama tujuh hingga 10 menit. Kemudian, biarkan pintu oven terbuka setelahnya agar aroma kopi menyebar ke seluruh rumah.

Masak rempah-rempah 

Mendidihkan rempah hangat dan pedas di atas kompor adalah salah satu cara terbaik  membuat rumah harum. Masak air dengan api kecil, lalu masukkan iirisan apel, kulit jeruk, batang kayu manis, dan cengkih. 

Baca juga: 8 Tanaman Beraroma Harum yang Dapat Mengusir Laba-laba di Rumah 

Arang aktif

Salah satu penghilang bau paling efektif dan terjangkau di dapur adalah arang aktif. Secara elektrik nonpolar, arang aktif dapat menyerap sebagian besar uap dan gas dapur.

Untuk perbaikan cepat di dapur yang bau, gantung satu pon arang aktif pada kantong berpori di dekat jendela dapur.

Anda juga dapat meletakkan arang aktif di dalam beberapa mangkuk, lalu letakkan di dekat sumber bau di dapurseperti tempat pembuangan sampah atau tempat sampah.  

Baca juga: 5 Tanaman Hias Beraroma Harum yang Dapat Menyegarkan Ruangan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com