Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tanda Tanaman Dalam Ruangan Tidak Bahagia dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 26/12/2021, 08:03 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Bobvila

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak dapat disangkal bahwa tanaman dalam ruangan yang tumbuh subur dapat menambah kenyamanan dan kehangatan di rumah

Namun, seiring pertumbuhan, tanaman terkadang mengalami beberapa permasalahan, salah satunya tanaman tidak bahagia. Hal ini tentu membuat pemiliknya merasa stres.

Baca juga: 5 Tanaman Hias untuk Mempercantik Rumah di Hari Natal

Sebetulnya, sebagian besar masalah tanaman dalam ruangan bisa mudah diatasi. Dengan perawatan teratur dan penuh perhatian, dapat membantu mengatasi masalah yang dialami tanaman hias dalam waktu singkat. 

Namun, bagian sulit adalah mencari tahu apa yang membuat tanaman hias tidak bahagia.

Melansir dari Bobvila (26/12/2021), berikut beberapa tanda tanaman hias dalam ruangan tidak bahagia dan cara mengatasinya. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Tanaman Hias Gantung yang Mudah Dirawat dan Hemat Tempat 

Tanaman kurus, bunga sedikit

Tanda pertama tanaman hias, khususnya tanaman dalam ruangan tidak bahagia adalah tanaman terlihat kurus dan bunga yang sedikit.

ebagian besar tanaman dalam ruangan membutuhkan rata-rata 12-14 jam sinar matahari setiap harinya. Cari tahu tentang kebutuhan cahaya tanaman seperti jumlah cahaya langsung, cahaya tidak langsung, atau naungan yang tepat untuk tanam berkembang.

Memindahkan tanaman hias ke tempat lain di rumah atau menambahkan lampu tumbuh buatan dapat membantu mengatasi gejala masalah ini. 

Baca juga: Trik Menanam Nanas Sebagai Tanaman Hias Dalam Rumah

Bunga sedikit, dedaunan berlebihan

Beberapa tanaman membutuhkan lebih sedikit pupuk atau formula yang lebih seimbang daripada yang diperoleh.

Tanaman daun dalam ruangan mendapat manfaat dari dorongan nitrogen. Makronutrien membantu meningkatkan produksi klorofil.

Namun, menambahkan terlalu banyak nitrogen ke tanaman berbunga atau berbuah, dapat membuat lebih banyak pertumbuhan daun dengan mengorbankan bunga. Untuk itu, segera beralih ke pupuk yang lebih seimbang.  

Baca juga: 5 Trik Merawat Tanaman Dalam Ruangan Saat Musim Hujan 

Daun menguning

Ilustrasi daun menguningUNSPLASH/Kelly Sikkema Ilustrasi daun menguning
Daun tanaman yang menguning disebabkan beberapa faktor seperti penyiraman yang berlebihan, kelembapan rendah, drainase tanah yang buruk, suhu rendah, atau akar yang terikat pot.

Jika cuaca berubah secara tiba-tiba, pastikan tanaman hias tidak terkena angin, tidak berada di dekat pemanas, atau bereaksi terhadap perubahan lingkungan yang tidak terduga.

Periksa apakah pot tanaman memiliki drainase yang memadai dan tanaman tidak terikat ke akar, yang berarti akarnya kehabisan ruang sehingga perlu memindahkannya ke penanam yang lebih besar. 

Baca juga: Tips Menanam Lavender Sebagai Tanaman Hias di Rumah 

Daun tanaman hangus

Selanjutnya, tanda tanaman dalam ruangan tidak bahagia adalah daun tanaman yang hangus. Penyebabnya, tanaman terlalu mendapat paparan langsung sinar matahari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com