Kompas.com - 27/11/2021, 10:42 WIB
Ilustrasi tanaman dalam ruangan Unsplash/SpacejoyIlustrasi tanaman dalam ruangan

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman memerlukan sinar matahari untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Tanpa sinar matahari yang cukup, pertumbuhan tanaman akan terhambat, layu, bahkan mati.

Begitu juga untuk tanaman dalam ruangan atau indoor memerlukan sinar matahari sesuai dengan kebutuhan dan jenis tanaman.  

Baca juga: 7 Bunga Cantik yang Mekar saat Musim Hujan

Lantas, bagaimana jika cuaca atau musim hujan? Apakah hal ini berpengaruh pada tanaman dalam ruangan

Percaya atau tidak, tanaman hias dalam ruangan tidak berbeda dengan tanaman di luar ruangan. Tanaman dalam ruangan juga berpengaruh pada pergantian cuaca dan ini membutuhkan rutinitas perawatan yang perlu disesuaikan dengan kebutuhan musiman tanaman.

Melansir dari Martha Stewart, Sabtu (27/11/2021), berikut beberapa trik merawat tanaman dalam ruangan saat musim hujan. 

Baca juga: 8 Tips Merawat Tanaman Keladi di Luar Ruangan Saat Musim Hujan 

Sesuaikan jadwal penyiraman

Erin Marino, Direktur Pemasaran di The Sill, salah satu perusahaan yang menjual tanaman., cahaya adalah makanan bagi tanaman dan faktor terpenting untuk tanaman berkembang dan tetap hidup. 

Ketika musim hujan, tanaman membutuhkan lebih sedikit air daripada pada cuaca atau musim panas. Untuk itu, Marino menyarankan, menyesuaikan jadwal menyiram tanaman menjadi dua mingguan. 

Baca juga: Penyebab Kucing Buang Air Kecil pada Tanaman dan Cara Mencegahnya

Hal terpenting adalah memeriksa varietas tanaman dan perhatikan baik-baik kondisi tanahnya sebelum menyiram tanaman. Apakah tanah tampak kering atau lembap?

Jika tanah masih lembap, sebaiknya tunda menyiram tanaman. Sebaliknya, bila tanah kering, siram tanaman secukupnya. 

Baca juga: 5 Tanaman Terbaik untuk Tanah Kering 

Pindahkan tanaman lebih dekat ke sumber cahaya

Menjaga suhunya tetap sesuai bagi tanaman secara spesifik adalah bagian dari cara merawat tanaman agar tumbuh subur dan cepat, serta mencegah kerusakan.SHUTTERSTOCK/GRUMPY COW STUDIOS Menjaga suhunya tetap sesuai bagi tanaman secara spesifik adalah bagian dari cara merawat tanaman agar tumbuh subur dan cepat, serta mencegah kerusakan.
Nilai jumlah cahaya alami yang diterima tanaman pada lokasi meletakkan tanaman saat ini. Tanaman dalam ruangan biasany tidak memerlukan banyak sinar matahari selama musim panas. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.