Kompas.com - 03/12/2021, 09:38 WIB
Ilustrasi bottom watering YOUTUBE/HARLI GIlustrasi bottom watering

JAKARTA, KOMPAS.com- Penyiraman adalah kegiatan yang hampir dilakukan setiap hari untuk menjaga tanaman tetap subur dan sehat. Cara paling umum ialah dengan menyiram air di permukaan tanah atau pot.

Meskipun ini bisa menjadi cara yang efektif untuk mendapatkan kelembapan pada tanaman Anda, ini bukan metode terbaik untuk banyak varietas.

Beberapa tanaman, seperti violet Afrika, berubah warna dan ditutupi bintik-bintik jika menyiram air langsung mengenai daunnya.

Baca juga: Tips Menyiram Tanaman Peace Lily dan Waktu Terbaik Penyiraman

 

Jika tanaman Anda menjadi terikat pada akar, kelembaban mungkin tidak meresap ke dalam tanah dan malah mengalir ke sisi tanaman.

Teknik bottom watering atau penyiraman dari bawah pot dapat menghilangkan masalah ini dan menambahkan kelembapan ke tanah dengan cara yang lebih efisien.

Anda akan menghemat waktu dan tenaga serta memberi tanaman Anda lingkungan yang lebih sehat setelah Anda mempelajari cara menyirami tanaman dari bawah.

Lalu, bagaimana tips dan cara melakukan bottom watering? Melansir dari berbagai sumber, berikut penjelasannya.

Baca juga: 5 Tips Penyiraman dan Perawatan Aglonema agar Semakin Subur

Bahan yang dibutuhkan

Baca juga: Penyiraman dari Bawah Dapat Menyelamatkan Tanaman? Ini Penjelasannya

Cara bottom watering

  • Isi wadah yang sudah disiapkan dengan beberapa inci air.
  • Letakkan tanaman pot Anda ke dalam wadah berisi air.
  • Setelah 15-20 menit atau jika permukaan dan tanah tanaman sudah lembab, maka pindahkan tanaman ke area kering.
  • Kembalikan tanaman ke area kering dan lakukan ini berulang.

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Janda Bolong, Penyiraman hingga Pupuk

Selama melakukan bottom watering, pastikan bahwa pot tanaman memiliki lubang drainase atau lubang sehingga air dapat diserap melalui lubang tersebut.

Ada beberapa manfaat lain dari bottom watering, salah satunya ialah menghindarkan tanaman dari pembusukan akar. Sebab, teknik ini kemungkinan akar tidak terendam air secara berlebihan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.