Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal Penting yang Harus Diketahui saat Berkebun di Teras Rumah

Kompas.com - 10/11/2021, 20:15 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Berkebun adalah hobi yang luar biasa. Selain Anda bisa merasakan keindahan dan kesegaran dari tanaman hijau di sekitar rumah, Anda juga bisa memetik buah atau menikmati kecantikan bunganya.

Pada zaman dahulu ketika lahan tersedia dalam jumlah banyak, berkebun lebih mudah. Tapi sekarang dengan pertumbuhan tinggi dan urbanisasi massal, berkebun jadi hobi yang membutuhkan perencanaan matang.

Pertama-tama, Anda harus mencari tahu bagian mana dari rumah Anda yang memberi Anda ruang untuk melakukan aktivitas berkebun. Salah satu yang bisa Anda manfaatkan ialah teras.

Namun, sebelum berkebun di teras, ada baiknya Anda mengetahui 5 hal penting ini agar kebun tumbuh subur juga terawat. Dilansir dari Ferns N Petals pada Rabu (10/11/2021), berikut penjelasannya.

Baca juga: 5 Cara Kreatif Mendekorasi Ulang Teras untuk Tampilan yang Lebih Segar

Tentukan tema

Menentukan tema tertentu untuk taman teras Anda sangat penting karena akan melekatkan kepribadian & karakter pada ruang teras terbuka Anda.

Jika Anda menginginkan tampilan yang cukup santai di mana Anda ingin menghabiskan sebagian besar waktu Anda di akhir pekan atau hari libur, maka furnitur harus lebih nyaman dengan ruang untuk kolam buatan, beberapa bantal yang nyaman.

Jika Anda ingin tampilan formal , kemudian gunakan pot dan pot warna hitam atau solid dengan sofa kayu sederhana.

Baca juga: 5 Inspirasi Teras yang Nyaman untuk Berjemur

Penggunaan ruang

Penempatan tanaman hias di teras rumah. DOKUMENTASI IKEA Penempatan tanaman hias di teras rumah.

Untuk menciptakan taman yang bagus di teras Anda, salah satu hal utama yang perlu diingat adalah "ruang".

Untuk teras kecil, gunakan pot berukuran kecil, pot vertikal, atau pot terbalik. Jika Anda ingin mempercantik ruangan kecil Anda, tinggikan sedikit dinding teras Anda agar berbagai tanaman panjat bisa dibawa.

Jika Anda memiliki ruang yang luas di teras Anda, maka Anda dapat membaginya menjadi beberapa bagian tergantung pada jenis tanaman.

Misalnya, tanaman yang membutuhkan lebih sedikit sinar matahari dapat ditempatkan di bawah naungan.

Jika Anda ingin memanfaatkan ruang teras besar Anda untuk berkebun dan juga untuk mengadakan pesta, maka gunakan bagian tengah teras Anda dalam bentuk lingkaran atau persegi untuk menumbuhkan tanaman Anda.

Sisa tempat dapat digunakan untuk menyimpan meja, barbeque, peralatan, atau tempat tidur dengan ketinggian rendah.

Baca juga: 5 Tips Menciptakan Teras Minimalis dan Asri di Rumah

Pencahayaan

Pencahayaan yang tepat akan semakin mempercantik tampilan taman teras Anda. Dan untuk membuat taman teras Anda terlihat sangat indah, penggunaan pencahayaan yang cerdas sangat diperlukan. Ingatlah bahwa dengan lampu yang terang namun hangat, teras Anda akan terlihat lebih besar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com