Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengubah Suasana Kamar Tidur dengan Biaya Minim

Kompas.com - 10/11/2021, 16:35 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber decor tips

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendekorasi kamar tidur dianggap sebagai hal yang menghabiskan biaya dan waktu yang banyak.

Padahal, untuk membuat kamar tidur lebih menarik dan tidak membosankan, Anda dapat menggunakan cara yang lebih mudah tanpa menghabiskan banyak biaya. 

Seperti dilansir dari Decor Tips, Rabu (10/11/2021), ada beberapa cara mengubah suasana kamar tidur dengan biaya minim seperti berikut ini. 

Baca juga: Ide Mengubah Dekorasi Kamar Tidur Remaja Tanpa Biaya Besar 

Cat

Cara mudah mengubah suasana kamar tidur adalah mengecat dinding. Coba gunakan teknik melukis yang unik. Anda dapat mencoba efek menyisir untuk dinding yang tidak sempurna.

Dengan teknik ini, dapat menciptakan ilusi yang membuat dinding tampak lebih jauh. 

Baca juga: Tips Menciptakan Kamar Tidur yang Tenang dan Nyaman Menurut Feng Shui

Caranya, oleskan dua lapis cat putih, lalucsetelah kering bisa mulai mengecat dengan warna pilihan Anda. Setelah itu, ketika cat masih segar, sisir dinding dengan kuas khusus.

Jika teknik ini tidak sesuai dengan keinginan, Anda dapat mencoba opsi lain. Kali ini, bisa menggunakan cat minyak yang membutuhkan waktu lebih lama untuk mengering.

Namun, ini akan memungkinkan Anda untuk menghasilkan efek lebih seragam pada dinding. 

Baca juga: 7 Cara Hemat Membuat Kamar Tidur Terasa seperti Hotel 

Mengganti tirai 

Ilustrasi kamar tidur.UNSPLASH/SPACEJOY Ilustrasi kamar tidur.
Cara lain mengubah suasana di kamar tidur adalah mengganti tirai atau gorden. Sebelum memilih kain, pastikan kain bisa menjamin privasi dan membiarkan cahaya masuk saat bersamaan.

Itu sebabnya direkomendasikan tirai dengan kain semi-transparan. Alternatifnya adalah memasang tirai tipis dan sedkit transparan.

Selain itu, bisa pula memilih kain poliester dan katun karena lebih mudah dicuci. Pilih warna kain yang menyatu dengan seprai dan pelapis di dalam ruangan. Dengan cara ini, Anda akan menciptakan keseimbangan kromatik yang baik. 

Baca juga: 4 Aksesori yang Bisa Diletakkan di Kamar Tidur Bayi 

Karpet dan detail penting

Berhati-hatilah memilih ukuran saat membeli karpet dan jangan takut membawa sedikit warna. Tidak apa-apa jika tempat tidur menutupi sebagian karpet agar tidak terlalu mendominasi ruangan.

Selain itu, pilih bahan lain untuk karpet seperti campuran katun dengan fitur anti-tungau debu atau linen untuk anti-alerginya. Karpet dengan material viscose dan wol juga tak kala keren serta tahan lama. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com