Kompas.com - 10/11/2021, 11:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bunga matahari adalah tumbuhan semusim dari suku kenikir-kenikiran (Asteraceae) yang populer, baik sebagai tanaman hias maupun tanaman penghasil minyak.

Selain menyejukkan mata, bunga matahari juga dapat mempercantik halaman rumah dan taman, sehingga menjadi pilihan terbaik jika ingin membuat suasana yang tampak lebih menyenangkan.

Apabila kamu tertarik menanam bunga matahari, maka pastikan untuk memilih bibit yang berkualitas agar menghasilkan tanaman yang baik nantinya.

Baca juga: 7 Jenis Bunga yang Cocok Dikeringkan untuk Dekorasi Ruangan

Dilansir dari Lifehack Solution, Rabu (10/11/2021), berikut ini adalah 8 tips penting menanam bibit bunga matahari di rumah.

Ilustrasi bunga matahari. PEXELS/DAVID DIBERT Ilustrasi bunga matahari.

1. Tentukan lahan yang cocok

Syarat utama agar tanaman dapat tumbuh dengan baik adalah dengan memerhatikan lahan tempat tanaman tersebut berada.

Beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam rangka mendukung pertumbuhan tanaman, antara lain:

• Jenis tanah dan pH

Jenis tanah yang akan digunakan menentukan kualitas tanaman. Oleh karena itu, untuk mendapatkan jenis tanah yang tepat kamu harus memastikan pH yang dibutuhkan berkisar antara 6,0 hingga 7,5.

Baca juga: 3 Permasalahan Umum yang Dialami Tanaman Bunga Mawar

• Keadaan lingkungan

Pilih dan kondisikan lingkungan tanaman yang baik. Untuk masa pertumbuhannya, bunga matahari sebaiknya ditanam di tempat yang teduh dan terlindung dari atap yang berpotensi roboh.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.