Kompas.com - 25/10/2021, 16:53 WIB
Ilustrasi rak sepatu. SHUTTERSTOCK/MAYUREE MOONHIRUNIlustrasi rak sepatu.

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat tiba di rumah, tidak sedikit orang meletakkan sepatu dengan sembarangan di tempat mereka melepasnya.

Padahal, hal demikian adalah kebiasaan buruk yang bisa membuat rumah berantakan dan tidak beraturan.

Dilansir dari Decor Tips, Senin (25/10/2021), berikut cara menyimpan sepatu dan sandal agar tidak membuat rumah berantakan. 

Baca juga: 3 Ide Rak Sepatu untuk Diletakkan di Pintu Masuk Rumah

Atur sepatu dan sandal dengan rak sepatu

Ada banyak jenis, merek, dan model rak sepatu yang ditawarkan untuk menyimpan sepatu. Pilih rak sepatu yang paling cocok dan sesuai dengan kebutuhan. Berikut cara mengatur sepatu dan sandal.

  • Area pintu atau aula masuk rumah dapat menjadi ruang fungsional dan esensial untuk menciptakan ketertiban. Ruangan berfungsi menyimpan sepatu sebelum masuk ke rumah. Kamu dapat menempatkan rak sepatu di sekitaran pintu masuk dengan beberapa kompartemen dan rak. 

Baca juga: Penyebab Sepatu Bau dan Tips Mengatasinya

  • Rak sepatu juga bisa ditempatkan si kamar tidur atau ruang ganti. Dalam hal ini, menarik untuk memasangnya di lemari (dengan pintu lipat) sehingga kamu mendapatkan lebih banyak ruang.
  • Rak sepatu biasanya terdiri dari dua hingga tiga area terpisah dan mereka menampung berbagai macam alas kaki yang berbeda. 

Baca juga: Tips Menata dan Merapikan Sepatu

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ruang penyimpanan sepatu akan menjaga sepatu tersimpan rapi

Untuk menjaga sepatu dan sandal tetap rapi dan teratur, kamu bisa menempatkan rak atau gantungan sepatu dan sandal di belakang pintu.

Hal ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan lebih banyak ruang di dalam ruangan. Alih-alih menambahkan perabot yang menghabiskan ruang lantai yang berharga, opsi ini menguntungkan kamu, baik dari segi keteraturan maupun fungsionalitas. 

Baca juga: 6 Trik Menghilangkan Bau Tak Sedap dari Rak Sepatu Tertutup

Bagaimana jika tidak memiliki rak sepatu?

Jika tidak memiliki rak sepatu, kamu bisa mengalokasikan sudut pintu atau aula masuk rumah agar sepatu serta sandal tetap teratur dan hindari meninggalkan alas kaki di mana saja.

Jangan lupa terus merapikan rumah, Bagaimana pun, hal itu identik dengan kesejahteraan emosional kamu. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber decor tips
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.