Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Tepat Menyimpan Sepatu dan Sandal agar Rumah Tidak Berantakan

Kompas.com - 25/10/2021, 16:53 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber decor tips

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat tiba di rumah, tidak sedikit orang meletakkan sepatu dengan sembarangan di tempat mereka melepasnya.

Padahal, hal demikian adalah kebiasaan buruk yang bisa membuat rumah berantakan dan tidak beraturan.

Dilansir dari Decor Tips, Senin (25/10/2021), berikut cara menyimpan sepatu dan sandal agar tidak membuat rumah berantakan. 

Baca juga: 3 Ide Rak Sepatu untuk Diletakkan di Pintu Masuk Rumah

Atur sepatu dan sandal dengan rak sepatu

Ada banyak jenis, merek, dan model rak sepatu yang ditawarkan untuk menyimpan sepatu. Pilih rak sepatu yang paling cocok dan sesuai dengan kebutuhan. Berikut cara mengatur sepatu dan sandal.

  • Area pintu atau aula masuk rumah dapat menjadi ruang fungsional dan esensial untuk menciptakan ketertiban. Ruangan berfungsi menyimpan sepatu sebelum masuk ke rumah. Kamu dapat menempatkan rak sepatu di sekitaran pintu masuk dengan beberapa kompartemen dan rak. 

Baca juga: Penyebab Sepatu Bau dan Tips Mengatasinya

  • Rak sepatu juga bisa ditempatkan si kamar tidur atau ruang ganti. Dalam hal ini, menarik untuk memasangnya di lemari (dengan pintu lipat) sehingga kamu mendapatkan lebih banyak ruang.
  • Rak sepatu biasanya terdiri dari dua hingga tiga area terpisah dan mereka menampung berbagai macam alas kaki yang berbeda. 

Baca juga: Tips Menata dan Merapikan Sepatu

Ruang penyimpanan sepatu akan menjaga sepatu tersimpan rapi

Untuk menjaga sepatu dan sandal tetap rapi dan teratur, kamu bisa menempatkan rak atau gantungan sepatu dan sandal di belakang pintu.

Hal ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan lebih banyak ruang di dalam ruangan. Alih-alih menambahkan perabot yang menghabiskan ruang lantai yang berharga, opsi ini menguntungkan kamu, baik dari segi keteraturan maupun fungsionalitas. 

Baca juga: 6 Trik Menghilangkan Bau Tak Sedap dari Rak Sepatu Tertutup

Bagaimana jika tidak memiliki rak sepatu?

Jika tidak memiliki rak sepatu, kamu bisa mengalokasikan sudut pintu atau aula masuk rumah agar sepatu serta sandal tetap teratur dan hindari meninggalkan alas kaki di mana saja.

Jangan lupa terus merapikan rumah, Bagaimana pun, hal itu identik dengan kesejahteraan emosional kamu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com