Kompas.com - 25/10/2021, 15:36 WIB
Ilustrasi tanaman herbal, menanam tanaman herbal di pot. SHUTTERSTOCK/DEAN CLARKEIlustrasi tanaman herbal, menanam tanaman herbal di pot.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam tanaman herbal di luar pintu dapur memberikan berbagai manfaat, di antaranya bisa dimanfaatkan untuk memasak, memperoleh hasil tanaman yang lebih sehat, hingga menghemat pengeluaran. 

Ditambah, menanam tanaman herbal di dapur merupakan hal mudah. Ada banyak varietas tanaman herbal yang bisa ditanam.

Selain itu, beberapa tanaman herbal memiliki fungsi ganda, yakni dimanfaatkan sebagai masakah serta menambah warna dan tekstur di taman. 

Melansir dari Taste of Home, Senin (25/10/2021), berikut ini beberapa tanaman herbal yang bisa ditanam di dapur dan cara menanamnya. 

Baca juga: 6 Tanaman Herbal yang Dapat Membersihkan Rumah

Kemangi

Meskipun aromanya menggugah selera dan gurih bagi manusia, tanaman ini tidak disukai nyamuk sehingga cocok sebagai tanaman pengusir nyamuk.shutterstock Meskipun aromanya menggugah selera dan gurih bagi manusia, tanaman ini tidak disukai nyamuk sehingga cocok sebagai tanaman pengusir nyamuk.
Ini adalah salah satu ramuan paling serbaguna untuk dimiliki di kebun karena kemangi adalah komponen penting dari berbagai hidangan seperti Italia, Mediterania, Thailand, dan Asia Tenggara.

Untuk menanamnya, tanam biji kemangi kecil di tanah yang dikeringkan dengan baik sedalam 1/4 inci. Beri jarak sekitar enam inci di lokasi yang mendapat sinar matahari penuh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk menjaga tanaman tetap rapi dan mencegah pembungaan, pangkas batang sekitar 7,6 sentimeter dari atas setiap dua minggu atau lebih. 

Baca juga: 5 Tips Merawat Tanaman Herbal agar Tidak Layu dan Mati 

Daun salam

Tanaman herbal daun salam akan bertahan hidup di luar di zona pertumbuhan 8-10. Jika Anda tinggal di iklim yang lebih sejuk, tanam daun salam dalam pot yang bisa dibawa ke dalam ruangan.

Carilah pohon salam Laurus nobilis, yang merupakan satu-satunya varietas yang memiliki daun yang dapat dimakan. 

Baca juga: 8 Tanaman Herbal yang Mudah Ditanam di Dalam Ruangan

Menanam pohon salam dari biji bisa jadi sulit, jadi yang terbaik adalah mengambil tanaman kecil dari pembibitan. Tanam di tanah yang dikeringkan dengan baik dan biarkan tanah mengering di antara penyiraman.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.