Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanaman Herbal yang Bisa Ditanam di Dapur dan Cara Menanamnya

Kompas.com - 25/10/2021, 15:36 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam tanaman herbal di luar pintu dapur memberikan berbagai manfaat, di antaranya bisa dimanfaatkan untuk memasak, memperoleh hasil tanaman yang lebih sehat, hingga menghemat pengeluaran. 

Ditambah, menanam tanaman herbal di dapur merupakan hal mudah. Ada banyak varietas tanaman herbal yang bisa ditanam.

Selain itu, beberapa tanaman herbal memiliki fungsi ganda, yakni dimanfaatkan sebagai masakah serta menambah warna dan tekstur di taman. 

Melansir dari Taste of Home, Senin (25/10/2021), berikut ini beberapa tanaman herbal yang bisa ditanam di dapur dan cara menanamnya. 

Baca juga: 6 Tanaman Herbal yang Dapat Membersihkan Rumah

Kemangi

Meskipun aromanya menggugah selera dan gurih bagi manusia, tanaman ini tidak disukai nyamuk sehingga cocok sebagai tanaman pengusir nyamuk.shutterstock Meskipun aromanya menggugah selera dan gurih bagi manusia, tanaman ini tidak disukai nyamuk sehingga cocok sebagai tanaman pengusir nyamuk.
Ini adalah salah satu ramuan paling serbaguna untuk dimiliki di kebun karena kemangi adalah komponen penting dari berbagai hidangan seperti Italia, Mediterania, Thailand, dan Asia Tenggara.

Untuk menanamnya, tanam biji kemangi kecil di tanah yang dikeringkan dengan baik sedalam 1/4 inci. Beri jarak sekitar enam inci di lokasi yang mendapat sinar matahari penuh.

Untuk menjaga tanaman tetap rapi dan mencegah pembungaan, pangkas batang sekitar 7,6 sentimeter dari atas setiap dua minggu atau lebih. 

Baca juga: 5 Tips Merawat Tanaman Herbal agar Tidak Layu dan Mati 

Daun salam

Tanaman herbal daun salam akan bertahan hidup di luar di zona pertumbuhan 8-10. Jika Anda tinggal di iklim yang lebih sejuk, tanam daun salam dalam pot yang bisa dibawa ke dalam ruangan.

Carilah pohon salam Laurus nobilis, yang merupakan satu-satunya varietas yang memiliki daun yang dapat dimakan. 

Baca juga: 8 Tanaman Herbal yang Mudah Ditanam di Dalam Ruangan

Menanam pohon salam dari biji bisa jadi sulit, jadi yang terbaik adalah mengambil tanaman kecil dari pembibitan. Tanam di tanah yang dikeringkan dengan baik dan biarkan tanah mengering di antara penyiraman.

Daun salam menyukai sinar matahari penuh, tetapi dapat mentoleransi naungan parsial. Beri mereka pemangkasan ringan pasa musim semi untuk mengontrol ukurannya dan membuat bentuk dekoratif.

Baca juga: 6 Kesalahan yang Dilakukan Saat Merawat Tanaman Herbal Dalam Ruangan 

 

Oregano

Ilustrasi tanaman oregano. PIXABAY/HANS LINDE Ilustrasi tanaman oregano.
Oregano adalah tanaman herbal yang cocok ditanam di dapur atau taman. Origanum vulgare, juga dikenal sebagai oregano Yunani atau Italia, adalah varietas yang digunakan dalam pizza tradisional dan saus tomat.

Oregano tumbuh paling baik di tanah yang gembur atau berkerikil di tempat cerah. Tanam benih dengan kedalaman 1/4 inci dan jarak 7,6 sentimeter. 

Saat tanaman tumbuh, Anda bisa membiarkan tanah mengering di antara penyiraman. Jepit daun atau ranting oregano sesuai kebutuhan.

Menjepit tanaman ke belakang dan menghilangkan bunga akan mendorong pertumbuhan yang lebih penuh dan lebih lebat. 

Baca juga: 5 Manfaat Menanam Tanaman Herbal di Rumah 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com