Kompas.com - 07/10/2021, 21:29 WIB
Ilustrasi tanaman herbal di dalam ruangan. SHUTTERSTOCK/OLGA MILTSOVAIlustrasi tanaman herbal di dalam ruangan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam tanaman herbal di rumah memiliki banyak manfaat, salah satunya bisa dipanen dan diolah langsung. Keuntungan menanam tanaman herbal adalah bisa dilakukan di dalam ruangan maupun di teras atau pekarangan rumah.

Ada beberapa tanaman herbal yang dapat tumbuh dengan baik di dalam ruangan. Dengan jumlah air dan sinar matahari yang tepat, Anda dapat melewati penyiangan dan langsung memanen.

Dilansir dari Good Housekeeping, Kamis (7/10/2021), sebagai aturan umum, letakkan tanaman herbal di tempat yang mendapat setidaknya enam jam sinar matahari setiap hari.

Baca juga: 6 Kesalahan yang Dilakukan Saat Merawat Tanaman Herbal Dalam Ruangan

Untuk menguji kekuatan matahari, Bonnie Plants menyarankan agar Anda mematikan semua lampu di hari yang cerah atau sebagian cerah, dan memeriksa secara berkala untuk melihat seberapa alami sinar matahari.

Ilustrasi daun kemangi segar. SHUTTERSTOCK/ Evy Alisha Ilustrasi daun kemangi segar.

Selain sinar matahari, semua tanaman herbal perlu ditanam dalam pot dengan drainase yang baik. Jika Anda khawatir lubang drainase akan merusak meja atau ambang jendela, gunakan piring untuk menampung kelebihan air.

Berikut ini beberapa tanaman herbal yang mudah ditanam di dalam ruangan.

1. Kemangi

Anda bisa menanam kemangi dari bibit dan meletakkannya di pot di jendela yang menghadap ke selatan. Tanaman ini menyukai banyak sinar matahari dan kehangatan, serta banyak air, jadi jagalah agar tanah tetap lembap tetapi tidak basah kuyup.

Baca juga: 5 Tanaman Herbal yang Dapat Ditanam dengan Media Hidroponik

Pangkas bagian atas tanaman sesering mungkin untuk mendorong pertumbuhan yang lebih penuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.