Kompas.com - 25/10/2021, 16:14 WIB
Ilustrasi karpet sebagai elemen dekorasi ruangan. UNSPLASH/SVEN BRANDSMAIlustrasi karpet sebagai elemen dekorasi ruangan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Karpet memiliki banyak fungsi di ruangan. Tidak hanya sebagai alas duduk, karpet juga menambahkan desain, tekstur, dan kenyamanan ke ruangan.

Akan tetapi, dengan begitu banyak jenis karpet untuk dipilih, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih karpet. Namun demikian, para desainer interior menjelaskan cara memilih karpet yang sempurna untuk ruangan, dari segi ukuran, bentuk, warna, dan tenunannya.

Dilansir dari Homes & Gardens, Senin (25/10/2021), memilih karpet tidak sesederhana hanya menyukai desainnya. Ada banyak pertimbangan yang harus dipertimbangkan.

Baca juga: Cara Membersihkan Bulu dan Rambut Rontok yang Tersangkut di Karpet

Ilustrasi karpet. UNSPLASH/LIDA SAHAFZADEH Ilustrasi karpet.

"Karpet adalah bagian yang sangat penting dari skema apa pun. Kelembutan dan kepekaan akustik yang ditawarkan di samping warna, desain, dan tekstur membuatnya sangat diperlukan di area dengan lantai batu atau kayu," jelas Jo Littlefair, desainer interior di Goddard Littlefair.

Berikut beberapa tips memilih karpet agar menjadi elemen dekorasi ruangan yang menarik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Pilih bentuk yang tepat

Tidak ada aturan yang pasti terkait bentuk karpet, meskipun idealnya area dan bentuknya harus mencerminkan ruangan atau zona ruangan, bentuk dan proporsinya.

"Menggunakan karpet berbentuk tidak beraturan menambahkan elemen dinamis lainnya ke interior. Karpet berbentuk tidak beraturan memberikan kebebasan yang lebih besar untuk penempatan furnitur," ujar desainer interior Shalini Misri.

Baca juga: Cara Menjaga Jumbai Karpet agar Tidak Mudah Lusuh dan Lepas

"Perabotan tradisional ditempatkan di tengah karpet (seperti meja kopi), namun dengan karpet berbentuk tidak beraturan, perabot dapat ditempatkan di satu sisi untuk memamerkan garis yang tidak beraturan sepenuhnya. Ini menambah daya tarik besar pada suatu ruang," imbuh Misri.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.