Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/09/2021, 10:53 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengecat dinding ruangan merupakan salah satu cara agar ruangan terlihat lebih cantik dan rapi. Dengan memberikan warna pada ruangan, juga akan memberikan nuansa yang berbeda pada ruangan tersebut.

Melansir dari Apartment Therapy, Jumat (24/9/2021) dalam proses mengecat, ada beberapa mitos yang tidak perlu Anda percaya, sebab akan menjadikan proses mengecat menjadi lebih buruk.

Apa saja mitos dalam mengecat dinding yang tidak perlu dipercaya? Berikut penjelasannya.

Baca juga: Tips Mengecat Ulang Pintu Garasi agar Tampak Baru

1. Menambahkan minyak atsiri akan menghilangkan bau cat

Menambahkan minyak atsiri ke cat bukan cara yang baik untuk menghilangkan cat, karena kini banyak produsen cat yang memberikan pilihan cat bebas bau. Sehingga, Anda tidak memerlukan cara tersebut.

Ray Brosnan dari Brosnan Property Solutions mengatakan, jika Anda merasa pusing karena mengecat, Anda dapat menambahkan peppermint ke cat agar sedikit lebih bisa ditoleransi minyaknya bertindak sebagai penetral.

"Namun, jangan gunakan wewangian atau minyak berbahan dasar alkohol karena tidak akan bercampur dengan baik dengan cat berbahan dasar air. Trik ini tidak akan bekerja dengan cat berbasis minyak, jadi berhati-hatilah," jelas Brosnan. 

2. Jangan mengecat di suhu dingin

Di masa lalu, ada aturan yang diterima secara umum bahwa mengecat dalam cuaca dingin akan menghasilkan cat tebal yang tidak akan menyebar secara merata atau mudah.

Baca juga: Cat Dasar Penting Digunakan Sebelum Mengecat Dinding, ini Alasannya

Namun, dengan kemajuan dalam formulasi cat saat ini, Anda dapat mengecat setiap saat sepanjang tahun.

Mike Mundwiller, manajer produk sebuah perusahaan cat, mengatakan, meskipun suhu pengecatan yang optimal adalah 25 derajat celcius, itu masih dapat diterima untuk mengecat dalam kisaran suhu yang luas dari 1 derajat celcius hingga 37 derajat celcius dan ketika kelembapannya tinggi atau serendah mungkin.

3. Cat primer adalah satu-satunya persiapan yang Anda butuhkan

Kebanyakan orang tidak akan menganggap persiapan sebagai bagian favorit mereka dari proses mengecat, tetapi itu adalah yang diperlukan.

Anda ingin percaya bahwa primer akan cukup dalam persiapan mengecat, tetapi kenyataannya, Anda mungkin perlu mengampelas, menggosok, dan membersihkannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com