Kompas.com - 24/09/2021, 09:40 WIB
Ilustrasi kucing peliharaan, memeluk kucing peliharaan. PIXABAY/MIKHAIL TIMOFEEVIlustrasi kucing peliharaan, memeluk kucing peliharaan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing yang mencintai pemiliknya, akan bergantung dengan pemiliknya, terkait dengan mencari makanan dan tempat tinggal mereka. Oleh karena itu, kucing juga bisa mengingat pemiliknya dengan baik.

Melansir dari Animals HQ, Jumat (24/9/2021), kucing memiliki dua jenis ingatan, yakni ingatan jangka panjang dan ingatan jangka pendek dan juga mereka memiliki ingatan yang baik.

Ingatan jangka pendek kucing hanya bertahan selama enam belas jam. Jika Anda baru pertama kali bertemu kucing, dan itu adalah interaksi pertama Anda.

 

Baca juga: 7 Arti Posisi Tidur Kucing, dari Telentang sampai Mirip Roti

Kucing itu mungkin akan mengingat Anda selama enam belas jam.

Sedangkan ingatan jangka panjang terdapat ingatan bagaimana mereka bertahan hidup, cara mereka bertahan dan berlindung di suatu tempat, serta mencakup hubungan positif dengan pemiliknya. Ini sebenarnya memori asosiatif mereka yang membantu mereka mengingat hal-hal yang diperlukan untuk kelangsungan hidup mereka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kucing menggunakan memori asosiatif mereka untuk mengingat sesuatu untuk waktu yang lama, terutama ketika itu tentang kelangsungan hidup mereka dan juga tentang ikatan dengan pemiliknya yang telah memperlakukan kucing dengan baik.

Telah diteliti bahwa kucing mengingat respons yang diajarkan setidaknya selama sepuluh menit. Memori jangka pendek kucing tidak jauh lebih baik daripada memori jangka panjang.

Baca juga: Mengapa Kucing Tidak Suka Ekornya Dipegang? Ini Alasannya

Ingat dengan rumah tinggalnya

Memori jangka pendek kucing mungkin sedikit, tetapi mereka memiliki memori jangka panjang yang baik. Kucing mengingat hal-hal baik dan sangat buruk sejauh jangka waktu yang lama.

Kehilangan memori bersifat selektif. Telah diteliti bahwa memori jangka panjang kucing sekitar 200 kali lebih baik daripada anjing dan bahkan menyimpan informasi hingga sepuluh tahun.

Tetapi perlu dicatat bahwa kucing sangat selektif tentang apa yang harus diingat dan apa yang tidak. Informasi ini bisa terutama tentang manfaat apa atau apa yang bisa merugikan mereka, meskipun itu hal sekecil apa.

Kucing yang sudah lama pergi bahkan bisa kembali lagi ke rumah pemiliknya. Hal ini menunjukkan jika kucing tidak pernah sepenuhnya melupakan tempat dia tinggal sebelumnya.

Halaman:


Sumber Animals HQ
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.