Kompas.com - 22/09/2021, 15:12 WIB
Ilustrasi kamar mandi kecil, kamar mandi sempit. SHUTTERSTOCK/MARRY JAYNIlustrasi kamar mandi kecil, kamar mandi sempit.

JAKARTA, KOMPAS.com - Seperti halnya semua ruangan di dalam rumah, warna cat kamar mandi juga mengikuti tren warna yang selalu berubah-ubah.

Namun, tak semua tren warna dapat diterapkan di kamar mandi. Menurut psikologi, ada beberapa warna cat yang harus dihindari di kamar mandi

Baca juga: 6 Cara Membuat Kamar Mandi Tampak Mewah, Tak Perlu Renovasi

Kamar mandi sering kali memiliki luasan yang lebih kecil daripada ruangan lainnya di rumah. Hal ini karena kamar mandi hanya digunakan sebagai tempat mandi, membersihkan tubuh, dan perawatan diri.

Untuk itu, kamar mandi dengan luasan terbatas itu sebaiknya didekorasi dengan warna cerah atau terang agar memberikan nuansa yang lebih segar. 

Lantas, warna cat apa saja yang boleh dan tidak boleh digunakan di kamar mandi?  

Baca juga: Cara Mendekorasi Kamar Mandi Ramah Anak

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melansir dari Homes and Gardens, Rabu (22/9/2021), warna cat pada ruangan dapat mempengaruhi suasana hati seseorang yang ada di dalamnya, termasuk kamar mandi.

"Ada dua warna yang bertentangan dengan kebutuhan kamar mandi, yakni hijau zaitun dan cokelat keemasan," jelas psikolog dan konsultan kesehatan, Lee Chambers.

Dengan menggunakan warna cerah dan terang, kamar mandi akan menampilkan nuansa yang lebih bersih dan segar.

Baca juga: 5 Tips Menciptakan Desain Kamar Mandi Bergaya Japandi

Sebaliknya, warna gelap seperti hijau zaitun dan cokelat akan membuat kamar mandi terasa lebih kecil. Ini juga merupakan warna cat yang harus dihindari di kamar mandi.

Selain itu, warna gelap tersebut dapat meredam suasana hati, menciptakan perspektif tertutup, menggelapkan sudut, dan membuat Anda merasa tidak bersemangat sebelum memulai mandi atau membersihkan tubuh. 

Suzy Chiazzari, konsultan warna dan terapis, mengatakan bahwa warna zaitun dan warna gelap apa pun memiliki efek negatif pada warna kulit yang akan membuat Anda tampak kusam dan tak bernyawa. 

Baca juga: Tips Menghilangkan Bau di Dapur dan Kamar Mandi

Sementara itu, desainer interior, Natasha Bradley, merekomendasikan untuk beralih dari warna zaitun dan beralih ke warna hijau dan biru yang lebih pucat untuk memberikan suasana segar serta menenangkan pada ruangan.

"Dengan menggunakan warna yang ringan dan menyegarkan dapat memberikan nuansa segar saat mandi hingga penghujung hari," tambah Bradley.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.