Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pilihan Warna Cat yang Boleh dan Tidak Boleh Digunakan di Kamar Mandi

Namun, tak semua tren warna dapat diterapkan di kamar mandi. Menurut psikologi, ada beberapa warna cat yang harus dihindari di kamar mandi. 

Kamar mandi sering kali memiliki luasan yang lebih kecil daripada ruangan lainnya di rumah. Hal ini karena kamar mandi hanya digunakan sebagai tempat mandi, membersihkan tubuh, dan perawatan diri.

Untuk itu, kamar mandi dengan luasan terbatas itu sebaiknya didekorasi dengan warna cerah atau terang agar memberikan nuansa yang lebih segar. 

Lantas, warna cat apa saja yang boleh dan tidak boleh digunakan di kamar mandi?  

Melansir dari Homes and Gardens, Rabu (22/9/2021), warna cat pada ruangan dapat mempengaruhi suasana hati seseorang yang ada di dalamnya, termasuk kamar mandi.

"Ada dua warna yang bertentangan dengan kebutuhan kamar mandi, yakni hijau zaitun dan cokelat keemasan," jelas psikolog dan konsultan kesehatan, Lee Chambers.

Dengan menggunakan warna cerah dan terang, kamar mandi akan menampilkan nuansa yang lebih bersih dan segar.

Sebaliknya, warna gelap seperti hijau zaitun dan cokelat akan membuat kamar mandi terasa lebih kecil. Ini juga merupakan warna cat yang harus dihindari di kamar mandi.

Selain itu, warna gelap tersebut dapat meredam suasana hati, menciptakan perspektif tertutup, menggelapkan sudut, dan membuat Anda merasa tidak bersemangat sebelum memulai mandi atau membersihkan tubuh. 

Suzy Chiazzari, konsultan warna dan terapis, mengatakan bahwa warna zaitun dan warna gelap apa pun memiliki efek negatif pada warna kulit yang akan membuat Anda tampak kusam dan tak bernyawa. 

Sementara itu, desainer interior, Natasha Bradley, merekomendasikan untuk beralih dari warna zaitun dan beralih ke warna hijau dan biru yang lebih pucat untuk memberikan suasana segar serta menenangkan pada ruangan.

"Dengan menggunakan warna yang ringan dan menyegarkan dapat memberikan nuansa segar saat mandi hingga penghujung hari," tambah Bradley.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/09/22/151200476/pilihan-warna-cat-yang-boleh-dan-tidak-boleh-digunakan-di-kamar-mandi-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke