Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/09/2021, 10:20 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Noda di sepatu adalah salah satu tantangan yang paling umum dihadapi.

Salah satu noda membandel yang sulit dihilangkan ialah noda lumpur. Terlebih sepatumu berwarna putih, tentu akan mengurangi keindahannya.

Pastikan untuk menunggu hingga lumpur di sepatu kering sebelum membersihkannya. Sebab, jika lumpur sudah kering akan lebih mudah membersihkan dan mengembalikan lagi warna sepatunya.

Nah, melansir dari How to Clean Stuff pada Rabu (22/9/2021) berikut ini cara membersihkan noda lumpur pada sepatu.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap pada Sepatu Tanpa Perlu Dicuci

Cara Membersihkan lumpur

  1. Siapkan sikat, alat tumpul berupa sendok untuk membersihkan lumpur yang mengering. Selain itu, kamu juga bisa membersihkan lumpur dengan cara mengetuk-ngetuk ke tanah. Lumpur yang kering akan dengan mudah mengelupas.
  2. Gunakan sendok untuk mengikis bintik-bintik kecil yang membandel, atau bahkan kikir kuku dapat berfungsi untuk memecah residu kecil. Hati-hati dengan kikir kuku agar tidak mengikir permukaan sepatu.
  3. Gunakan handuk kering untuk menggosok sepatu dan menghilangkan sisa lumpur dan sisa debu.

Baca juga: Tips Menyimpan Tas dan Sepatu Kulit Agar Tetap Awet

Cara mengembalikan warna sepatu

Lakukan pembersihan menyeluruh setelah menghilangkan lumpur dari sepatu. Gunakan prosedur pembersihan yang direkomendasikan untuk jenis sepatu tertentu.

Untuk sepatu karet, kulit dan sepatu kets tradisional (bukan kain), cukup dilap dengan kain basah akan menghilangkan sisa debu dan noda lumpur, tetapi hal itu tidak boleh dilakukan pada kain atau suede karena akan mengolesi debu lumpur ke bahan dan menyebabkan noda.

Sebaliknya, kain harus dicuci dengan lembut seperti biasa dan suede harus dibersihkan menggunakan alat pembersih sepatu khusus suede.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com