Kompas.com - 22/09/2021, 07:58 WIB
Ilustrasi jamur hitam pada sudut dinding. SHUTTERSTOCK/BURDUN ILLIYAIlustrasi jamur hitam pada sudut dinding.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahukah Anda bahwa cuka adalah penghilang jamur yang ampuh? Menurut ServiceMaster Restoration and Cleaning, asam ringan dalam cuka membunuh sekitar 82 persen jamur yang diketahui dan dapat membantu mencegah wabah.

Anda dapat membersihkan sendiri sejumlah kecil jamur pada beragam permukaan di rumah dengan cuka, tetapi perhatikan kapan Anda harus menghubungi profesional.

Dari tempat tidur hingga kamar mandi hingga dapur, berikut ada banyak alasan mengapa membersihkan dengan cuka adalah ide yang bagus. Dilansir dari Taste of Home, Rabu (22/9/2021), berikut penjelasannya.

Baca juga: Simak, Ini Cara Mencegah Jamur dan Bakteri pada Mesin Cuci

Apakah cuka lebih efektif ketimbang pemutih?

Cuka benar-benar lebih baik daripada membersihkan dengan pemutih dalam hal membunuh jamur. Badan Perlindungan Lingkungan AS (EPA) tidak menyarankan penggunaan pemutih untuk membunuh atau menghilangkan jamur, kecuali dalam keadaan khusus.

Dalam kebanyakan kasus, tingkat latar belakang spora jamur akan tetap ada setelah aplikasi pemutih.

“Pemutih hanya membunuh jamur permukaan, bukan membran di bawahnya,” menurut ServiceMaster.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Itu berarti jamur akan tumbuh kembali. Bahkan, mengenali pemutih sebagai 'ancaman', jamur akan tumbuh kembali lebih kuat," imbuh lembaga itu.

Baca juga: Cara Menghilangkan Jamur Hitam di Rumah

Ketika pemutih digunakan pada permukaan berpori seperti drywall atau kayu, membran jamur akan bergerak lebih dalam ke permukaan untuk menghindari bahan kimia.

Jenis cuka apa yang harus digunakan?

Untuk membersihkan jamur, gunakan cuka suling putih biasa, biasanya dijual dengan keasaman 5 persen. Anda juga dapat menggunakan "cuka pembersih" dengan tingkat keasaman 6 persen.

Kedua jenis cuka ini efektif membunuh jamur. Anda dapat menemukan cuka pembersih secara online dan di banyak toko perlengkapan rumah tangga.

Berapa lama cuka menghilangkan jamur?

Tergantung pada jumlah jamur, biarkan cuka menempel pada cetakan setidaknya 60 menit sebelum menyeka atau menggosok.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.