Kompas.com - 22/09/2021, 09:13 WIB
Ilustrasi kulkas, lemari es. SHUTTERSTOCK/MAYA KRUCHANKOVAIlustrasi kulkas, lemari es.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kulkas atau lemari es memiliki manfaat yang besar untuk menyimpan berbagai macam bahan makanan, sayuran, dan buah-buahan agar awet dan segar lebih lama. Namun, pernahkah Anda menemukan semua makanan di dalam kulkas membeku?

Dilansir dari Hunker, Rabu (22/9/2021), udara dingin di lemari es berasal dari kumparan evaporatif yang terletak di belakang kompartemen freezer. Kulkas adalah kompartemen terpisah dan udara dingin bersirkulasi di antara kedua kompartemen melalui lubang.

Sementara itu, damper kulkas atau peredam mengatur ukuran bukaan, sementara kipas mengontrol sirkulasi.

Baca juga: Nindy Ayunda Beli Kulkas Seharga RP 50 Juta, Yuk Intip Dalamnya

Keduanya dipantau oleh termistor peka suhu yang memberi tahu panel kontrol kapan harus membuka peredam dan menyalakan kipas untuk mencapai suhu yang diinginkan.

Jika kulkas membekukan makanan dan Anda bahkan memiliki sayuran yang membeku di laci kulkas, salah satu bagian ini bisa menjadi sumber masalah.

Sebelum menghubungi teknisi untuk memperbaiki kulkas

Selalu mungkin bahwa Anda telah menyetel kontrol suhu kulkas ke pengaturan yang lebih rendah dari yang Anda kira. Untuk memeriksa, matikan kontrol sepenuhnya, lalu turunkan suhu secara bertahap.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada titik tertentu, Anda akan mendengar bunyi klik, yang memberi tahu bahwa kontrol mungkin berfungsi dengan benar. Pindahkan satu atau dua takik kembali ke pengaturan yang lebih tinggi.

Baca juga: Cara Membuat Bahan Makanan Lebih Tahan Lama di Kulkas

Apabila langkah ini berhasil, makanan Anda akan perlahan mencair.

Jika hanya beberapa makanan di kulkas yang beku, mungkin karena terlalu dekat dengan koil pendingin. Coba pindahkan ke bagian lain dari kompartemen yang lebih jauh dari freezer.

Jika Anda memiliki kulkas dengan model freezer-on-top, pindahkan makanan ke rak paling bawah. Jika modelnya berdampingan, pindahkan ke sisi yang berlawanan dengan freezer.

Masalah termistor dan termostat

Jika termostat tidak menghasilkan bunyi klik saat Anda mengujinya, mungkin itu buruk. Cara terbaik untuk menentukan ini adalah dengan melepasnya dan memeriksa kontinuitasnya dengan menerapkan arus kecil di atasnya dan mengukur resistansi.

Halaman:


Sumber Hunker
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.