Kompas.com - 16/09/2021, 14:08 WIB
Ilustrasi isi kulkas. FREEPIKIlustrasi isi kulkas.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kulkas menjadi peranti elektronik yang diandalkan untuk menyimpan berbagai bahan makanan, dari sayuran, buah, daging, bumbu, hingga makanan dan minuman dingin.

Namun, cara meletakkan bahan makanan pada kulkas kurang diperhatikan. Padahal, meletakkan dan menata makanan menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi daya tahan atau keawetan makanan tersebut. 

Baca juga: Cara Menyimpan Buah di Kulkas agar Tetap Segar dan Tahan Lama

Seperti dilansir dari The Kitchn, Kamis (16/9/2021), meski kulkas memberikan suhu dan kelembapan yang tepat, Anda bisa memberikan ketahanan lebih lama pada bahan makanan. 

Berikut ini cara membuat bahan makanan lebih tahan lama di kulkas

Baca juga: Manfaat Memiliki Kulkas Besar

Manfaatkan kantong plastik

Terkadang beberapa sayuran seperti selada dan mentimun yang disimpan dalam kulkas menjadi cepat layu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk mencegahnya, Anda dapat memasukkan sayuran ke kantong plastik terlebih dulu sebelum menyimpan di kulkas.

Menyimpan sayuran dalam kantong plastik dapat membuat sayuran lebih tahan lama.  Masukkan ke kantong plastik dan tutup rapat sehingga tidak terkontaminasi dengan bahan makanan lainnya di dalam kulkas. 

Baca juga: 10 Penyebab Kulkas Tidak Lagi Dingin 

Atur dengan wadah bening 

Ilustrasi isi kulkasUnsplash/Ello Ilustrasi isi kulkas
Menggunakan wadah kaca atau wadah plastik tembus pandang akan membantu mengawetkan makanan lebih lama serta membantu mengurangi limbah makanan.

Selain itu, dengan cara ini, Anda dapat menemukan dengan cepat bahan yang sedang dicari karena terlihat langsung dari wadah bening tanpa harus dibuka terlebih dahulu. Metode ini juga memberikan kulkas tampilan yang lebih rapi dan tertata.  

Baca juga: Cara Membersihkan Gasket Karet Kulkas dan Peralatan Elektronik Lain 

Putar makanan segar 

Tujuan menata kulkas dengan cara memutar posisi makanan segar adalah menjaga bahan makanan agar tidak rusak dan meletakkan semua barang yang sering digunakan menjadi lebih dekat.

Saat mengatur ulang posisi makanan dalam kulkas, letakkan bahan makanan yang memiliki umur lebih pendek di posisi depan agar makanan tersebut tidak terlalu lama berada dalam kulkas. 

Baca juga: Kulkas Berbau Tidak Sedap? Atasi dengan Ampas Kopi

Selain itu, memberikan label pada setiap wadah makanan juga dapat menjadi cara terbaik agar mengetahui kapan umur makanan tersebut berakhir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Kitchn
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.