Kompas.com - 22/09/2021, 12:11 WIB
Ilustrasi kipas angin dinding. SHUTTERSTOCK/ADUL10Ilustrasi kipas angin dinding.

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat musim kemarau biasanya Anda mengandalkan AC untuk pendinginan, jangan hanya mengandalkan AC. Namun, dengan cara seperti itu, tagihan listrik akan lebih meningkat.

Untuk mengatasi udara panas tanpa harus meningkatkan biaya, menggunakan kipas angin menjadi salah satu cara yang lainnya.

Melansir dari Ktar News, Rabu (22/9/2021) kipas angin juga memainkan peran penting dalam meningkatkan tingkat kenyamanan.

Baca juga: 4 Trik Membuat Udara yang Diembuskan Kipas Angin Lebih Dingin

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan kipas angin agar ruangan bisa lebih nyaman dan sejuk.

Ilustrasi kipas angin gantung. SHUTTERSTOCK/BYJENG Ilustrasi kipas angin gantung.

1. Hindari memasang kipas angin plafon terlalu tinggi

American Lighting Association memperingatkan bahwa ketika kipas angin plafon atau kipas angin gantung terlalu tinggi, itu dapat mengurangi aliran udara dan kehilangan efek pendinginan. Pengaturan ketinggian yang tepat dari kipas angin plafon akan berbeda-beda di setiap ruangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Aturan umum adalah untuk mengatur kipas angin plafon 2,5 sampai 3,5 meter dari lantai. Pengukuran ini ditentukan oleh ketinggian plafon, dimensi ruangan, dan estetika.

Ketinggian pemasangan optimal untuk kipas langit-langit adalah 2,5 meter hingga 3 meter di atas lantai, dengan minimal 2 meter ke bagian bawah bilah untuk keamanan.

Baca juga: Berapa Lama Kipas Angin Plafon Boleh Dinyalakan?

Kamar yang lebih besar membutuhkan kipas yang lebih besar. American Lighting Association juga mencatat bahwa untuk efisiensi maksimum, pilihlah kipas angin yang sesuai dengan ukuran ruangan Anda.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.