Kompas.com - 20/09/2021, 21:34 WIB
Ilustrasi menjemur pakaian, mencuci pakaian. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIOIlustrasi menjemur pakaian, mencuci pakaian.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencuci pakaian merupakan pekerjaan rumah yang memakan banyak waktu, terlebih ketika proses pengeringan.

Ketika mencuci pakaian menggunakan mesin cuci, terkadang beberapa orang memakai mesin pengering untuk mengeringkan pakaian. 

Baca juga: Tips Mencuci Pakaian saat Musim Hujan

Namun, manakah yang lebih efektif mengeringkan pakaian menggunakan mesin pengering atau mengeringkan secara alami di udara? 

Menurut Stan Atansov, ahli kebersihan rumah di Fantastic Services Group Australia, menggunakan mesin pengering secara signifikan dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mengeringkan pakaian dibanding menggunakan udara.

"Pengeringan dengan mesin juga dapat mempercepat proses menyetrika pakaian karena panas dari pengering sering kali menghilangkan lipatan pada kain," kata Atansov yang dilansir dari Reader's Digest, Senin (20/9/2021). 

Baca juga: Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Pemutih Saat Mencuci Pakaian

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski mengeringkan pakaian memakai mesin tampak lebih mudah, ada beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan, di antaranya meningkatkan tagihan listrik dan membutuhkan biaya perawatan, terlebih bila melakukan kesalahan yang dapat memperpendek umur pengering.

Selain itu, mengeringkan pakaian dengan mesin juga berdampak buruk bagi lingkungan daripada pengeringan udara.

Menurut Nate Masterson, CEO Maple Holistics, emisi karbon dari mesin pengering dikombinasikan dengan serat plastik yang dilepaskan pakaian. 

Baca juga: Trik Mencuci Pakaian Olahraga agar Tetap Awet

Artinya, mengeringkan pakaian memakai mesin pengering dapat berdampak negatifterhadap lingkungan. 

Jadi, menggunakan mesin pengering seperlunya saja. Misalnya, bila ingin menyelesaikan pekerjaan mencuci pakaian dengan cepat. 

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.