Kompas.com - 18/09/2021, 17:23 WIB
Ilustrasi mencuci piring. SHUTTERSTOCK/HEDGEHOG94Ilustrasi mencuci piring.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kegiatan mencuci piring menggunakan tangan menjadi kegiatan rutin yang dilakukan setiap harinya. Akan tetapi, tahukah Anda, di dalam proses itu ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan banyak orang?

Melansir dari Eating Well dan Taste of Home, Sabtu (18/9/2021), kesalahan dalam mencuci piring tersebut sering dilakukan namun tidak disadari oleh orang, padahal kesalahan ini berdampak pada hasil akhir proses pencucian piring tersebut.

Apa saja? berikut penjelasannya.

Baca juga: Studi Ungkap, Mencuci Piring Bisa Menurunkan Stres

1. Tidak membersihkan kotoran di piring sebelum dicuci

Sisa makanan yang menempel di piring dan perlengkapan memasak harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum memasuki proses pencucian. Hal ini untuk mencegah spons semakin kotor karena terkena banyak sisa makanan.

Selain itu, spons tersebut akan digunakan pada piring-piring selanjutnya dan akan menyebarkan sisa kotoran tersebut.

2. Menggunakan alat scrubbing yang salah

Seringkali, orang menggunakan satu spons untuk semua permukaan piring dan perlengkapan memasak, padahal untuk membersihkan permukaan antilengket harus menggunakan spons yang lembut daripada yang digunakan untuk permukaan yang lebih kasar seperti bagian bawah panci.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

3. Terlalu banyak menggunakan sabun cuci piring

Pernahkah Anda mengeluarkan gelas dari lemari dan terlihat keruh dan jujur sedikit kotor? Hal ini terjadi karena Anda menggunakan terlalu banyak sabun cuci piring saat proses mencucinya.

Baca juga: 5 Tips Membuat Kegiatan Mencuci Piring Lebih Mudah dan Menyenangkan

Busa berlebih dapat meninggalkan residu lengket di piring Anda jadi gunakan satu atau dua sendok makan salah satu sabun aman ini jika Anda mencuci dengan tangan.

4. Pengeringan dengan kain lap kotor

Lain lap yang digantung di wastafel yang "hanya untuk piring dan tangan" mungkin telah menjadi penampung semua tumpahan atau kekacauan kecil. Yang berarti itu sarat dengan kotoran, kotoran dan bahkan E. coli dan kuman lainnya.

Meskipun kami tidak menyarankan menggunakan handuk kertas (buruk bagi lingkungan), Anda dapat membiarkan piring Anda mengering atau pastikan untuk sering mengganti handuk.

5. Membiarkan piring menumpuk

Meninggalkan piring di wastafel dapur untuk nanti bukan hanya kebiasaan malas, tapi juga bisa berbahaya. Bakteri dapat tetap hidup hingga empat hari di piring bekas Anda dan menyebar ke seluruh dapur.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.