Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/08/2021, 12:20 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada beberapa alasan mengapa banyak orang tidak memakai sandal di dalam rumah, salah satunya adalah kebersihan yang harus dijaga di dalam rumah.

Namun, tahukah Anda, jika ada manfaat tersembunyi memakai sandal di dalam rumah?

Dilansir dari Times of India, Minggu (15/8/2021), menggunakan sandal yang bersih dan datar di dalam rumah dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan. Nah, berikut ini manfaat menggunakan sandal di dalam rumah

Baca juga: Inilah Alasan Mengapa Tidak Boleh Pakai Sepatu di Dalam Rumah

Mencegah penyakit umum 

Apakah Anda sering mengalami pilek dan flu sepanjang tahun? Ada kesalahan umum yang mungkin menyebabkan hal ini dan harus diperhatikan. 

Tidak menggunakan sandal di rumah memungkinkan panas tubuh keluar melalui kaki. Saat tubuh terus kehilangan panasnya, sirkulasi darah menurun, yang dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan umum seperti pilek dan flu.

Mengenakan sandal di dalam rumah dapat memberikan perlindungan pada kaki, yang membantu menjaga aliran darah tetap normal dan memungkinkan sistem kekebalan tubuh melawan penyakit.  

Baca juga: Tips Menyimpan Sepatu agar Awet 

Mencegah infeksi bakteri dan jamur 

Banyak orang yang berpikir bahwa lantai rumah kita benar-benar bersih. Meski terlihat bersih, ada begitu banyak kuman dan bakteri di lantai yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.

Begitu pun, walau kerap mengepel dan membersihkan lantai dengan vakum, Anda tidak dapat menghentikan mikroorganisme berbahaya yang memasuki rumah dengan air, udara, dan pembawa lainnya.

Dengan mengenakan sandal, membantu melindungi kaki dari penyakit kaki menular seperti jamur kuku. 

Baca juga: Tips Menyimpan Tas dan Sepatu Kulit Agar Tetap Awet  

Meningkatkan keseimbangan tubuh 

Manfaat menggunakan sandal di dalam rumah dapat meningkatkan keseimbangan tubuh dan stabilitas seiring bertambahnya usia. Pastikan untuk membeli sandal yang nyaman, yang memberi Anda dukungan yang tepat. 

Menyembuhkan kaki bengkak 

Sirkulasi darah yang tidak lancar dapat menyebabkan kaki bengkak. Mengenakan sandal memerangkap panas dan membantu meningkatkan sirkulasi darah. Pilih sandal yang pas dengan ukuran kaki Anda. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com