Kompas.com - 01/08/2021, 15:00 WIB
Ilustrasi kucing, anak kucing. PIXABAY/CHIEMSEE2016Ilustrasi kucing, anak kucing.

JAKARTA, KOMPAS.com- Sebagian kucing memiliki perilaku yang tak biasa seperti memakan sampah atau benda-benda tak lazim lainnya karena banyak faktor.

Perilaku ini disebut sebagai pica, yakni kondisi perilaku kucing memakan barang-barang non-makanan. Beberapa bentuk pica mungkin relatif tidak berbahaya atau mengganggu seperti menjilati kantong plastik.

Namun, mengonsumsi zat non-makanan dapat menyebabkan penyumbatan usus. Selain itu, hal ini juga bisa menjadi pertanda suatu penyakit.

Baca juga: 5 Manfaat Memelihara Kucing, dari Meredakan Stres sampai Lebih Sehat

Kenapa kucing makan sampah?

Kucing dan anak kucing yang memakan sampah bisa menimbulkan masalah kesehatan atau perilaku.

Jika mencuriga bahwa itu adalah masalah kesehatan, segeralah membawa kucing ke dokter hewan, terutama bila perilakunya muncul secara tiba-tiba.

Beberapa anak kucing mungkin memakan sampah semata-mata karena penasaran dan perilaku ini dapat dihentikan dengan pengawasan yang ketat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 5 Pilihan Makanan untuk Kucing Kampung agar Cepat Gemuk

Jika kucing kesayangan terindikasi berperilaku tak lazim dengan memakan sampah, tentu hal ini akan mengkhawatirkan kesehatan si kucing.

Lalu, mengapa demikian dan bagaimana cara menanganinya?

Melansir dari The Spurce Pets, Minggu (1/8/2021), berikut ini penyebab dan cara mengatasi kucing yang suka makan sampah.

Baca juga: 5 Tips Menghentikan Kebiasaan Menggigit pada Anak Kucing

Anemia

Makan sampah bisa menjadi tanda bahwa kucing sedang sakit, khususnya mengidap anemia. Penyakit ini menyerang kucing ketika kekurangan sel darah merah dan hemoglobin.

Halaman:


Sumber The Spruce
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.