Kompas.com - 01/08/2021, 08:30 WIB
Ilustrasi anjing berenang Unsplash/Marcia SoligoIlustrasi anjing berenang

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjaga diri dan rumah agar tetap sejuk biasanya berada pada garis terdepan saat cuaca atau musim panas tengah berlangsung.

Namun, ada hal lain yang juga perlu dijaga, yakni hewan peliharaan. Menjaga dan mempersiapkan hewan peliharaan ketika cuaca panas juga harus menjadi prioritas.

Baca juga: Ingin Mengadopsi Hewan Peliharaan? Perhatikan Hal Ini Terlebih Dulu

Pasalnya, semua jenis hewan peliharaan akan menghadapi bahaya dehidrasi dan serangan panas selama cuaca panas.

Untuk itu, penting bagi pemilik hewan mengetahui tanda-tanda stres pada hewan saat cuaca panas, terlebih mencegahnya sejak awal. 

Melansir dari laman Homes to Love, Minggu (1/8/2021), sejumlah ahli memberikan tips menjaga hewan peliharaan tetap sejuk, nyaman, dan terhindar dari dehidrasi selama cuaca panas. 

Baca juga: 5 Manfaat Tidur Malam Bersama Hewan Peliharaan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jauhkan dari panas

Cara satu ini terdengar jelas, tetapi menjaga hewan peliharaan tetap berada dalam ruangan adalah hal paling efektif yang dapat dilakukan untuk menghindari panas serta membuatnya tetap sejuk.

Selalu pastikan mangkuk air hewan peliharaan tetap penuh, tambahkan es batu pada hari-hari yang lebih hangat agar air tetap dingin lebih lama, atau membekukan beberapa camilan.

Dokter hewan peliharaan, Sasha Nefedova, mengatakan konsumsi air atau naungan yang terbatas pada cuaca panas dapat menyebabkan hewan peliharaan menderita stres panas dan dehidrasi parah. 

Baca juga: 8 Ras Kucing Paling Penyayang, Jadi Hewan Peliharaan yang Menyenangkan

Tanda-tanda dehidrasi dapat diketahui dengan melihat tampilan fisik hewan seperti menghilangnya elastisitas kulit, tubuh lesu, mata cekung, terengah-engah berlebihan, bahkan pingsan.

Jika melihat salah satu dari tanda-tanda ini, segera bawa hewan peliharaan ke dokter hewan untuk pemeriksaan. 

Baca juga: Jenis Kutu Hewan Peliharaan dan Penanganannya Menurut Dokter Hewan

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.