Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/08/2021, 11:50 WIB
Lolita Valda Claudia,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Healthline

JAKARTA, KOMPAS.com- Banyak alasan seseorang memutuskan memelihara kucing. Mulai dari, kecintaan terhadap kucing, mencari hiburan, hingga hanya sekadar kasihan melihat kucing jalanan yang tak terurus.

Namun, tak sedikit pula yang menganggap kucing peliharaan sebagai bagian keluarga sehingga mencurahkan kasih sayang yang besar seperti memberikan makanan terbaik, memeriksakannya saat sakit, memandikan dan membersihkan kandangnya secara teratur, hingga membuatkan pakaian-pakaian lucu khusus si kucing.

Baca juga: 5 Pilihan Makanan untuk Kucing Kampung agar Cepat Gemuk

Hewan mamalia karnivora satu ini memang membuat banyak orang terpesona dengan kelincahannya, kelucuannya, dan tingkahnya yang menggemaskan.

Namun, tahukah kamu bahwa ilmuwan menemukan bahwa memelihara kucing memiliki banyak manfaat kesehatan?

Melansir dari Healthline, Minggu (01/08/2021), berikut ini manfaat memelihara kucing.

Baca juga: 5 Tanda Kucing Merindukan Pemiliknya

Lebih bahagia

Menurut sebuah penelitian di Australia, mereka yang memelihara kucing memiliki kesehatan psikologis yang lebih baik daripada orang yang tidak memiliki hewan peliharaan.

Pada penelitian yang dilakukan berdasarkan kuesioner, para pencinta kucing ini mengaku merasa lebih bahagia, lebih percaya diri, fokus menghadapi masalah dalam hidup mereka, serta merasa lebih sejahtera.

Baca juga: Bolehkah Kucing Makan Makanan Anjing?

Kualitas hidup lebih baik untuk anak-anak

Mengadopsi kucing juga berdampak baik untuk anak-anak. Dalam survei terhadap lebih dari 2.200 anak muda Skotlandia berusia 11-15 tahun, anak-anak yang memelihara kucing diketahui memiliki kualitas hidup lebih tinggi.

Jalinan ikatan antara kucing dan pemiliknya yang semakin kuat membuat keduanya merasa lebih bugar, energik, penuh perhatian, dan tidak lagi sedih atau kesepian.

Baca juga: Tips Memandikan Kucing Agar Tidak Dicakar

Meredakan stres

Ilustrasi memelihara kucing, kucing peliharaan. PIXABAY/KLIMKIN Ilustrasi memelihara kucing, kucing peliharaan.

Dalam sebuah penelitian, para peneliti mengunjungi 120 pasangan menikah di rumah mereka untuk mengamati bagaimana mereka akan merespons stres dan apakah kucing bisa membantu meredakan stres.

Terhubung ke monitor detak jantung dan tekanan darah diketahui bahwa pasangan yang memelihara kucing memiliki detak jantung dan tekanan darah yang lebih rendah daripada orang yang tidak memiliki hewan peliharaan.

Baca juga: Mengetahui 8 Posisi Tidur Kucing dan Artinya

Mengapa kucing begitu menenangkan? Kucing tidak akan menghakimi kita karena kemampuan matematika kita yang buruk atau tidak bisa mengerjakan tes yang diberikan penelitian.

Selain itu, kucing juga tidak akan ikut stres saat pemiliknya merasa tertekan. Itulah mengapa kucing bisa memberikan ketenangan dan meredakan stres terhadap pemiliknya.

Baca juga: Mengapa Kucing Memiliki Mata yang Berwarna-Warni?

Membangun koneksi antarmanusia

Penelitian menemukan pemilik kucing lebih sensitif secara sosial, lebih percaya pada orang lain, dan lebih menyukai orang lain daripada orang yang tidak memiliki hewan peliharaan.

Halaman:
Sumber Healthline
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com