Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/07/2021, 22:45 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

Sumber Catster

JAKARTA, KOMPAS.com-- Anak kucing mulai kehilangan gigi susunya sekitar usia 9 minggu, dan sejak saat itu hingga gigi dewasanya tumbuh penuh pada usia 5 hingga 6 bulan. Hal ini bisa memicu perilaku menggigit pada kucing.

Sama seperti bayi manusia yang sedang tumbuh gigi, anak kucing yang sedang tumbuh gigi akan menggigit dan mengunyah apa saja, termasuk jari kaki dan jari manusia, untuk meredakan ketidaknyamanan yang mereka rasakan.

Inilah sebabnya mengapa anak kucing tumbuh gigi adalah waktu yang tepat untuk mengajari anak kucing berhenti mengunyah hal-hal yang tidak seharusnya.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu anak kucing tumbuh gigi dan menghentikan gigitan anak kucing yang salah arah seperti dilansir dari Catster, Sabtu (31/7/2021). 

Baca juga: 5 Tanda Kucing Merindukan Pemiliknya

1. Mainan kunyah

Mainan kunyah tidak hanya untuk anjing lagi. Sejumlah produsen membuat mainan yang dirancang untuk memberikan target yang tepat untuk semua anak kucing yang sedang tumbuh gigi.

Ini termasuk mainan kain yang dapat didinginkan untuk meredakan gusi yang lunak, mengunyah lebih kencang yang akan melatih otot rahang, dan mainan berbahan dasar nilon untuk anak kucing yang sedang tumbuh gigi.

2. Biarkan anak kucing menggigit mainan

Semakin sering anak kucing bermain dengan mainan yang sesuai, semakin kecil kemungkinan dia akan mengunyah.

Anak kucing yang sedang tumbuh gigi membutuhkan permainan interaktif karena ini membantunya mengeluarkan energi berlebih dan mengembangkan keseimbangan dan kekuatannya.

Setidaknya dua sesi bermain 10 hingga 15 menit per hari menggunakan mainan penggoda akan memberi anak kucing target yang tepat untuk mengunyah dan memperkuat ikatan denganmu sebagai pemilih.

Baca juga: Tips Memandikan Kucing Agar Tidak Dicakar

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Catster
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com