Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/08/2021, 10:20 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing kampung merupakan salah satu jenis kucing yang kerap dipelihara banyak masyarakat Indonesia.

Jika kamu salah satu yang memeliharanya, tentu ingin membuat kucing kampung gemuk sehingga lebih terlihat lucu dan menggemaskan. Ada beberapa makanan yang dapat menunjang nutrisi pertumbuhannya.

Dikutip dari kanal YouTube Xscience, Minggu (1/8/2021), berikut ini lima pilihan makanan untuk kucing kampung agar cepat gemuk. 

Baca juga: Tak Kalah Gemas, Ini 5 Alasan Mengapa Perlu Memelihara Kucing Kampung

Daging

Kucing pada dasarnya merupakan hewan karnivora atau pemakan daging. Semua jenis daging baik untuk kucing kampung, tetapi ikan merupakan daging terbaik bagi kucing kampung.

Namun, sebelum memberikannya, ikan perlu diolah terlebih dahulu seperti bisa direbus, digoreng, atau dihaluskan seperti bubur.

Jangan lupa juga untuk mencabut tulang-tulang ikan yang bisa membuatnya tersedak atau terluka. Berikan daging ikan beberapa kali dalam seminggu untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. 

Baca juga: 5 Tips Menghentikan Kebiasaan Menggigit pada Anak Kucing

Nasi

Menjadikan nasi sebagai makanan kucing sebenarnya bisa berdampak baik dan buruk. Namun, semua itu tergantung dari bagaimana kamu menyajikannya untuk si kucing.

Apabila memberikan nasi terlalu banyak, itu bisa mengganggu sistem pencernaannya. Jika ingin memberikan nasi kepada kucing, campurkan nasi dengan banyak lauk dan daging.

Sebagai perbandingan, sajikan 25 persen nasi dan 75 persen daging dalam sajian makan kucing kampung. Nasi yang lebih sedikit dibanding lauk bertujuan menghindari kucing dari diare. 

Baca juga: Bolehkah Kucing Makan Makanan Anjing?

Tempe

Tempe dikenal sebagai pertolongan pertama pada kucing yang terkena diare. Bakteri yang terkandung pada tempe ternyata mampu menetralisir bakteri merugikan pada usus kucing.

Meski begitu, tidak semua kucing kampung suka mengonsumsi makanan berbahan dasar kedelai. Jika ingin memberikan tempe pada kucing kampung milikmu, baiknya jangan langsung memberikannya begitu saja.

Baca juga: 5 Tanda Kucing Merindukan Pemiliknya 

Tempe perlu diolah terlebih dahulu dengan cara direbus atau digoreng. Selain itu, kamu bisa mencampurkan tempe dengan ikan, ayam, dan daging dengan perbandingan yang lebih sedikit.

Kuning telur

Kuning telur dipercaya dapat membuat bulu kucing semakin lebat dan halus. Namun, ingat hindari memberikan putih telur pada kucing kampung karena putih telur mengandung zat avidin yang dapat mengikat vitamin B7 yang dibutuhkan kucing. 

Baca juga: Mengetahui 8 Posisi Tidur Kucing dan Artinya

Snack kucing

Snack kucing adalah makanan praktis yang bisa ditemukan di pets shop mana pun. Pada kenyataannya, kucing kampung juga sangat suka dengan snack kucing.

Banyaknya kandungan gizi dalam snack kucing yang mampu menunjang kucing kampung untuk gemuk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com