Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, 4 Cara Menyelamatkan Tanaman yang Hampir Mati

Kompas.com - 24/07/2021, 15:33 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat tanaman bukan hal yang mudah, karena harus konsisten dalam merawatnya. Mulai dari menyiram, memberikan pupuk, hingga memberikan lingkungan yang sesuai dengan kebutuhannya.

Akan tetapi, tak jarang juga ketika tanaman sudah dirawat dengan baik dan benar, mereka tiba-tiba layu dan mati secara mendadak.

Melansir dari House Beautiful, Sabtu (24/7/2021), meskipun Anda mungkin berpikir bahwa telah gagal merawat tanaman, menurut Richard Cheshire, ahli tanaman di Patch Plants, ada cara untuk menyelamatkan tanaman tersebut, antara lain sebagai berikut. 

Baca juga: Perhatikan Ini Sebelum Memindahkan Tanaman Hias di Dalam Ruangan

1. Periksa kulit kayu

Jika tanaman Anda memiliki batang atau tangkai kayu, gores permukaannya dengan lembut untuk memperlihatkan bagian bawahnya.

"Jika Anda melihat warna hijau muda di bawah kulit cokelat, masih ada kehidupan di dalamnya. Namun, sebaliknya, jika kering dan coklat, mungkin sudah terlambat dan tidak bisa diselamatkan," ungkap Cheshire.

2. Hilangkan pertumbuhan mati

Buang daun kuning atau kering sehingga tanaman Anda dapat memfokuskan semua energinya pada pertumbuhan yang sehat.

Cheshire mengatakan jika tanaman memiliki akar yang sehat, pemangkasan akan membantu tanaman tersebut tumbuh kembali.

Baca juga: 5 Rekomendasi Tanaman Hias untuk Mempercantik Ruang Kerja

3. Sirami tanaman

Beberapa tanaman akan menampakan situasi seperti mereka mati, padahal mereka hanya memerlukan air. Misalnya tanaman lidah buaya yang tampak terlihat mati, namun sebenarnya ketika mereka disiram, mereka akan tumbuh kembali.

Yang terbaik adalah menyiramnya dengan ringan selama beberapa hari daripada menyiramnya dengan berlebihan. Dan mencoba menggandakan penyiraman akan membuat tanaman kelebihan air dan mati.

Sangat penting untuk menyiram dalam jumlah kecil secara teratur, daripada membanjiri tanah.

4. Berikan pupuk

Tanaman yang sudah stres akan kewalahan oleh ledakan nutrisi. Untuk itu, sebaiknya berikan pupuk ketika tanaman sudah pulih sepenuhnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com