Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan Ini Sebelum Memindahkan Tanaman Hias di Dalam Ruangan

Kompas.com - 24/07/2021, 11:14 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini, tanaman hias menjadi salah satu elemen dekorasi yang sering digunakan banyak orang di dalam ruangan.

Berbagai tanaman hias dapat menjadi pilihan, namun pertanyaannya adalah apakah mereka bisa dipindah-pindahkan saat ruangan ingin didekorasi ulang?

Dilansir dari Apartment Therapy, Sabtu (24/7/2021), menurut para ahli tanaman, tanaman hias di dalam ruangan aman untuk dipindah-pindahkan dengan waktu yang sering. Berikut penjelasannya.

Baca juga: 5 Rekomendasi Tanaman Hias untuk Mempercantik Ruang Kerja

1. Biarkan tanaman baru pada satu posisi

Jika Anda baru saja membawa pulang tambahan hijau baru, mungkin sangat menggoda untuk mencoba banyak tempat berbeda.

Akan tetapi, Agatha Isabel, pemilik Plant Ma Shop online yang berbasis di Brooklyn, New York, AS merekomendasikan untuk membiarkan tanaman baru ditempatkan di satu lokasi selama dua hingga tiga minggu terlebih dahulu.

Sebab, tanaman baru harus memiliki penyesuaian terhadap lingkungan di sekitarnya. Kemudian, setelah mereka bisa menyesuaikan dengan ruangan Anda, barulah bisa dipindahkan.

2. Tidak semua tanaman bisa dipindahkan

Tanaman besar cenderung lebih tahan banting, jadi pilihan seperti philodendron, monstera, tanaman lidah mertua, dan tanaman ZZ harus mampu menangani perpindahan yang sering. Tetapi dengan tipe lain, Anda mungkin perlu lebih berhati-hati.

Baca juga: Manfaat Meletakkan Tanaman Hias di Dalam Ruangan

“Jika Anda memiliki spesies seperti ara daun biola atau puring, hindari pemindahan, karena mereka akan kehilangan daunnya dan harus menyesuaikan diri," ujar Barry Greene, pemilik dan penata tanaman utama di Shades of Moss Plant + Design Studio di Charlotte, North Carolina.

Begitu Anda meletakkan mereka di tempat yang cocok dengan kebutuhan mereka, jangan pindahkan lagi.

Isabel menambahkan bahwa tanaman tua yang sudah sangat terbiasa dengan lingkungan mereka mungkin juga tidak bisa sering dipindahkan, karena mereka mungkin memiliki sedikit waktu untuk menyesuaikan lingkungannya kembali.

3. Paparan jumlah cahaya yang konsisten

"Hal terbesar yang perlu diingat adalah pencahayaan di ruang Anda," kata Tylor Rogers, salah satu pemilik toko tanaman Arium Botanicals di Portland, Oregon.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com