Kompas.com - 24/07/2021, 07:29 WIB
Ilustrasi kucing ras Maine Coon. PIXABAY/MARKETA MACHOVAIlustrasi kucing ras Maine Coon.

JAKARTA, KOMPAS.com - Secara umum, kucing dipandang sebagai hewan peliharaan bertubuh kecil. Meskipun ada banyak ras kucing bertubuh kecil, namun tidak sedikit pula ras kucing bertubuh besar.

Kucing-kucing bertubuh besar ini tentu saja tidak seukuran singa, tetapi banyak yang lebih besar dari kucing liar mungil yang sering kita lihat.

Dilansir dari Pure Wow, Sabtu (24/7/2021), ras kucing bertubuh besar mungkin memerlukan lebih banyak perhatian daripada ras kucing kecil, karena mereka membutuhkan lebih banyak ruang untuk beraktivitas. Ini menjadi rumit jika Anda berencana untuk memelihara kucing di dalam ruangan dan Anda tinggal di rumah kecil.

Baca juga: 5 Tips Memilih Makanan Kucing yang Sesuai dengan Kondisi Kesehatan

Apapun ukuran kucing yang akan Anda pilih untuk dipelihara, pada dasarnya Anda harus menciptakan kembali aktivitas luar ruangan di dalamnya. Ras kucing yang cenderung suka memanjat pohon akan membutuhkan tiang panjat yang tinggi dengan tempat bertengger setinggi mungkin.

Tiang garukan diperlukan untuk menjaga kuku tetap rapi, mengeluarkan energi dan menandai wilayah. Mainan interaktif akan sangat penting untuk meniru perburuan dan menjaga otak kucing tetap tajam.

Dalam hal perawatan, lebih sedikit lebih banyak. Kucing bisa merawat diri mereka sendiri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meskipun menyikat kucing berbulu panjang adalah hal yang tepat untuk memastikan tidak kusut, memandikan kucing tidak diperlukan sesering mungkin kecuali suadah sangat kotor. Perhatikan bahasa tubuh kucing selama proses perawatan dan setiap hari untuk memantau kesehatan dan kebahagiaan mereka.

Baca juga: Ini Alasan Kucing Membawa Hasil Buruan ke Pemiliknya

Masalah sendi cenderung menyerang kucing bertubuh besar ketimbang kucing bertubuh kecil. Jika kucing mengalami kesulitan berjalan atau melompat, mintalah dokter hewan untuk melakukan rontgen.

Gejala seperti ini bisa berarti hip dysplasia atau luxating patella, gangguan tempurung lutut.

Sifat lain yang unik untuk banyak ras kucing besar adalah seberapa lambat mereka mencapai kedewasaan penuh. Jika Anda benar-benar mencari kucing terbesar, pilihlah kucing jantan, karena jantan lebih besar daripada betina baik tinggi maupun beratnya.

Terakhir, pilih jenis yang ideal untuk gaya hidup Anda. Semua orang menginginkan sesuatu yang berbeda dalam hal hewan peliharaan.

Halaman:


Sumber Pure Wow
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.