Kompas.com - 24/07/2021, 08:10 WIB
Ilustrasi ruang tamu UNSPLASH/Sidekix MediaIlustrasi ruang tamu

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak hanya sebagai elemen dekorasi, karpet juga membantu menciptakan titik fokus di ruang tamu. Menempatkan karpet di ruang yang tepat dapat membuat semua perbedaan dalam tampilan dan nuansa ruangan secara keseluruhan.

"Karpet sering kali menjadi bagian pernyataan yang menyatukan semua elemen ruangan lainnya," kata desainer interior Kimberlee Gorsline dari Kimberlee Marie Interiors seperti dikutip dari Martha Stewart, Sabtu (24/7/2021).

"(Karpet) membantu pengaturan furnitur terasa membumi sambil menawarkan tekstur dan sentuhan visual," imbuh Gorsline.

Baca juga: Trik Menata Furnitur di Ruang Tamu agar Tampak Rapi dan Seimbang

Guna memastikan karpet menciptakan keseimbangan visual di ruang tamu, desainer interior Bruce Fox dari Bruce Fox Design mengatakan, sangat penting untuk menggunakan karpet yang proporsional dengan ukuran ruangan dan furnitur besar, terutama sofa.

"Skala selalu menjadi yang utama dalam pikiran saya saat memilih karpet. Ini adalah hal yang 'benar' di ruang tamu," jelas Fox.

Berikut beberapa panduan memilih karpet yang tepat sesuai dengan ukuran sofa di ruang tamu Anda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Pertimbangkan pengaturan furnitur

Saat memilih karpet yang tepat untuk sofa Anda, desainer interior Billy Ceglia dari Billy Ceglia Designs mengatakan, Anda harus terlebih dahulu mempertimbangkan ukuran seluruh ruang tamu.

Baca juga: Trik Mendekorasi Ruang Tamu dengan Anggaran Minim

"Kami biasanya mengukur karpet agar sesuai dengan ruangan yang dimasukinya, dengan margin rata di sekelilingnya, biasanya antara 8 hingga 12 inci (20-30 cm)," papar Ceglia.

2. Rencanakan dengan matang

Selain memungkinkan setidaknya 8 inci ruang di antara barang-barang dan furnitur, Ceglia mengatakan karpet juga harus cukup besar untuk semua perabotan di area tersebut agar kaki depannya di atas karpet.

"Kami menyarankan agar setidaknya ada 12 inci karpet di kedua sisi sofa," katanya.

Jika Anda kesulitan menentukan ukuran karpet yang paling cocok untuk sofa Anda, Fox merekomendasikan untuk menempelkan garis karpet tertentu dengan pita biru di lantai ruang tamu.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.