Kompas.com - 24/07/2021, 12:30 WIB
Ilustrasi anjing dan kucing di halaman rumah. SHUTTERSTOCK/BACHKOVA NATALIAIlustrasi anjing dan kucing di halaman rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com—Kutu pada hewan peliharaan memang tampak seperti masalah yang sepele. Namun jika dibiarkan, kutu juga bisa berbahaya bagi kesehatan kucing maupun anjing milikmu.

Dokter hewan Muhamad Jami Ramadhan mengangkat seputar kutu pada hewan peliharaan dalam cuitannya di Twitter di akun @djamtjoek.

Menurut dokter Jami, kutu paling sering ditemui pada tiga bagian tubuh hewan yakni, belakang daun telinga, sela-sela jari kaki dan daerah sekitar pantat hewan. Namun pada kasus yang berat, kutu bisa ditemukan di seluruh tubuh hewan.

Baca juga: 5 Tips Memilih Makanan Kucing yang Sesuai dengan Kondisi Kesehatan

Untuk itu, daerah ini sebaiknya sering kamu periksa ya, untuk pencegahan.

Kutu pada hewan peliharaan umumnya ada di tubuh inang, namun ada juga kutu dan telur yang menempel di lingkungan sekitar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Perkutuan itu pada umumnya fase remaja-dewasanya ada di tubuh inang (kucing atau anjing), sisanya ada di lingkungan sekitar,” tulis dokter Jami dalam cuitannya seperti dikutip, Sabtu (24/7/2021).

“Maka dari itu pembasmian kutu tidak cukup di tubuh hewan saja, di lingkungan juga harus. Perhatian yang lebih lagi dengan pest control apabila hewannya yang suka kutuan,” imbuhnya.

 Salah satu ciri khas hewan yang yang terdapat kutu pada tubuhnya bisa berupa gatal-gatal. Hal ini menyebabkan hewan menggaruk berlebih yang kemudian akan menimbulkan lesi ruam maupun luka pada kulit.

Jenis kutu

Tergantung pada jenisnya, kutu pada hewan bisa saling menular pada anjing dan kucing, bisa

Halaman:


Sumber Twitter
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.