Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/07/2021, 14:30 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika memelihara dan merawat seekor kucing di rumah, tentu kamu akan memenuhi segala macam kebutuhannya.

Hal ini bisa menandakan bahwa kamu menyayangi kucing peliharaan dan menjadi pemilik yang bertanggung jawab. Namun, pernahkah terpikirkan apakah kucing peliharaan juga menyayangimu? 

Meski terkesan cuek, ternyata kucing peliharaan bisa menyayangi pemiliknya yang ditunjukkan dalam beragam tingkah laku.

Baca juga: Terjawab, Ini 3 Alasan Kucing Takut Air

Dikutip dari kanal YouTube APP VIDEO, Kamis (22/7/2021), berikut ini sembilan tanda yang menunjukkan kucing peliharaan menyayangi pemiliknya. 

Mendengkur

Mendengkur dianggap sebagai salah satu cara kucing menunjukkan ketertarikan dan kasih sayang mereka kepada manusia yang telah merawatnya.

Mendengkur merupakan sensasi atau ungkapan kepuasan hati kucing. Jika kucing peliharaan sering mendengkur di dekatmu, itu tandanya sahabat bulu menyayangimu. 

Baca juga: 7 Gejala Kucing Sakit yang Harus Diperhatikan

Memilih tidur bersama

Tidur merupakan cara kucing menikmati hari-hari mereka. Ketika kucing sering tidur bersamamu, itu artinya kucing sedang berusaha menunjukkan rasa sayangnya kepada kamu. 

Selain itu, kucing yang berada di sampingmu sebelum tidur secara ilmiah terbukti dapat menghindari kesulitan saat hendak tidur. 

Baca juga: 10 Ras Kucing dengan Usia Paling Pendek

Menggosokkan badannya

Ketika kucing menggosokkan badannya ke arah kamu, itu berarti kucing menganggap dirimu adalah bagian darinya.

Hal ini juga dilakukan dengan tujuan meninggalkan bau tubuhnya. Tindakan ini sering dilakukan kucing ke kucing yang saling bersahabat untuk bertukar bau.

Selain itu, ketika kucing menggosokkan badannya ke arahmu, ini juga merupakan salah satu cara agar mereka mendapatkan perhatian darimu. 

Baca juga: Bukan Mau Tidur, Ini Alasan Anjing dan Kucing Menguap

Melengkungkan Ujung Ekornya

Ekor kucing adalah alat ukur yang nyata dari suasana hatinya. Dari ekornya, kita bisa mengetahui tanda kucing peliharaan menyayangi pemiliknya

Saat melihat kucing memanjangkan ekornya lurus ke atas dan sedikit menekuk ujungnya, ini menandakan kucing sedang menunjukkan sikap ramahnya serta berusaha menerima dan menyukaimu. 

Baca juga: Penyebab Kematian Mendadak pada Kucing yang Sehat dan Masih Muda

Memberikan pijatan

Gerakan seperti memijat atau meremas dengan menggerakkan kaki depan kerap dilakukan kucing saat masih kecil.

Hal ini berawal dari faktor kebiasaan kucing yang sering menekan telapak tangan saat menyusu kepada induknya. Memberi pijatan dianggap sebagai cara anak kucing menstimulasi aliran air susu sang induk. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com