Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Membersihkan Dapur Setelah Memasak untuk Idul Adha

Kompas.com - 20/07/2021, 12:00 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

Sumber Bob Vila

JAKARTA, KOMPAS.com— Setelah menyajikan hidangan Idul Adha untuk keluarga, dapur menjadi tempat yang paling berantakan dan kotor.

Alat masak yang bertumpuk, wadah-wadah, piring kotor, cipratan minyak dan sisa makanan yang jatuh di area meja dan juga kompor, membuat dapur semakin kotor. 

Untuk itu, meski melelahkan, dapur harus segera dibersihkan demi menghindarkan perkembangan bakteri dan kuman. Selain itu, jika menunda pembersihan, kotoran akan semakin lengket dan mengering sehingga membuat pembersihan semakin sulit dilakukan.

Berikut adalah tips membersihkah dapur yang berantakan usai sajikan makanan di Hari Raya Idul Adha seperti dilansir dari Bob Vila, Selasa (20/7/2021).

Baca juga: Sambut Idul Adha, Ini Cara Membersihkan Ruang Tamu dengan Cepat

1. Bersihkan saat kamu memasak

Jika dapur terlihat sangat berantakan setelah kamu menyiapkan makan malam, kamu mungkin tak terbiasa membersihkan alat-alat sambil memasak.

Cara ini mungkin terkesan merepotkan, karena kamu harus memasak makanan lezat sambil terus membersihkan alat masak yang sudah kamu gunakan. Namun percayalah, ini akan menghemat waktu dan tenagamu nantinya.

Masukkan kembali bahan-bahan dan alat-alat segera setelah kamu selesai menggunakannya, rendam peralatan masak segera setelah kamu selesai menggunakannya, agar nanti akan lebih mudah untuk dibersihkan.

Baca juga: 6 Sumber Bau Tidak Sedap di Dapur yang Sering Lupa Dibersihkan

2. Jaga persediaan pembersih dapur

Jangan sampai kamu kehabisan cairan pencuci piring ya. Kamu wajib melakukan pengecekan stok untuk kebutuhan dapur, selain makanan, yakni peralatan untuk mencuci piring seperti, sabun cuci piring, entah sabun colek atau cair, spons dan sikat.

Ganti juga spons dan sikat secara berkala untuk meminimalisir menyebarnya bakteri pada peralatan masak dan peralatan makan yang kamu cuci.

3. Lakukan kebiasaan memasak yang baik

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com