Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/06/2021, 17:15 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli sofa baru bisa menjadi keputusan yang perlu dipertimbangkan secara matang. Pasalnya, sofa merupakan salah satu benda utama di rumah, tepat di ruang tamu dan ruang keluarga

Sofa adalah elemen dekorasi yang dapat membuat ruangan tampak cantik dan mewah. Ditambah, sofa menjadi salah satu barang di rumah yang paling sering digunakan seperti untuk duduk, bersantai, tidur, bahkan makan. 

Baca juga: 6 Tips Merawat Sofa Kulit agar Awet dan Tak Mudah Rusak

Ada begitu banyak pilihan sofa di pasaran, dari bentuk, warna, hingga bahan. Sebagai barang yang memiliki usia cukup panjang sekitar 10 tahun, ada beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan saat membeli sofa baru.

Melansir dari laman Homes to Love, Minggu (20/6/2021), berikut tiga hal yang perlu dipertimbangkan saat membeli sofa baru

Baca juga: 4 Pilihan Gaya Sofa yang Cocok untuk Ruang Tamu Desain Apa pun

Pertimbangkan gaya hidup

Salah satu hal yang perlu dipertimbangkan saat membeli sofa baru dengan kualitas terbaik mempertimbangkan bagaimana Anda menggunakan area ruang tamu dan ruang keluarga.

Pilih model sofa yang sesuai dengan desain interior Anda selain kenyamanan. Pertimbangkan juga seberapa sering sofa digunakan dan tujuan sofa dibeli. 

Baca juga: 5 Tips yang Perlu Diingat Saat Membeli Sofa untuk Ruang Keluarga

Jika sofa untuk tempat duduk atau berkumpul utama di rumah bagi keluarga dan tamu, sebaiknya pilih sofa yang nyaman dan memiliki ketahanan ekstra.

Namun, apabila membutuhkan sofa untuk menampung anak-anak atau hewan peliharaan, Anda dapat memilih sofa yang kainnya dapat dilepas, dicuci, atau kulit yang mudah dibersihkan.

Sedangkan, untuk sofa yang jarang digunakan, Anda bisa lebih berani memilih dalam hal kain seperti beludru, suede, dan cream bouclé yang sedang tren. 

Baca juga: Simak, Cara Memilih Sofa Berdasarkan Ukuran Ruang Tamu

Akan tetapi, pada akhirnya, pilihlah gaya dan warna yang benar-benar Anda sukai dan membuat bahagia karena Anda akan melihat sofa setiap hari. 

Maksimalkan anggaran

Membeli sofa baru dapat menghabiskan sedikit atau banyak biaya. Namun, hal yang perlu dipertimbangkan saat membeli sofa baru adalah menyesuaikan kualitas sofa dengan anggaran yang dimiliki. 

Baca juga: Cara Membedakan Sofa Kulit Asli dan Imitasi

Pertama, mempertimbangkan kualitas bingkai. Kayu lapis dan bingkai pinus yang dibuat oleh ahli, seperti yang tersedia di berbagai sofa Plush, memiliki harga terjangkau, tetapi tidak tahan lama.

Demikian pula, jika sofa yang dibeli akan menjadi sofa utama, pilih material yang dapat berumur panjang seperti kulit yang lembut, tetapi tahan lama atau kain tenun, karena kain ini akan tahan terhadap pemakaian sehari-hari.

Baca juga: Cara Padu Padan Bantal Sofa Sebagai Dekorasi Ruang Tamu 

Untuk sofa dengan material yang berkualitas, tentu kamu harus memaksimalkan anggaran yang dimiliki. Namun, semua kembali lagi pada kebutuhan dan anggaran yang dipunya.

Membuat sofa custom 

Ada banyak pilihan model sofa di pasaran yang dapat disesuaikan dengan anggaran dan desain atau dekorasi rumah. 

Baca juga: Cara Membersihkan Sofa Kulit dengan Benar agar Tidak Rusak

Mempertimbangkan memesan sofa custom atau mendesain sofa khusus sesuai dengan kebutuhan tidak hanya meningkatkan fungsionalitas ruang, tetapi juga meningkatkan interior atau dekorasi ruang sehingga sesuai dengan suasana yang ingin Anda diciptakan. 

Tujuan sofa custom adalah memilih sofa yang Anda sukai selamanya. Cara terbaik melakukannya adalah membuat desain unik sesuai kebutuhan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com