Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/05/2021, 13:20 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi para pemilik hewan peliharaan, baik anjing maupun kucing, kehadiran hewan peliharaan sudah selayaknya keluarga sendiri.

Tak heran, banyak pemilik hewan yang mencurahkan kasih sayangnya tanpa batas. Bahkan, cinta yang besar terhadap hewan peliharaan membuat para pemilik rela melakukan apa pun, termasuk mengeluarkan biaya besar demi memberikan perawatan terbaik bagi si hewan. 

Baca juga: Tips Membersihkan Bulu Hewan Peliharaan yang Menempel di Furnitur

Tak dimungkiri memelihara hewan peliharaan memerlukan biaya besar. Mulai dari, biaya makan, perawatan diri, hingga biaya kesehatan ke dokter hewan.

Misalnya saja, anjing. Faktanya, memiliki seekor anjing dapat menghabiskan biaya lebih dari US$25 ribu atau sekitar Rp359 juta selama 10 tahun. 

Baca juga: 6 Cara Tetap Produktif Saat WFH Bersama Hewan Peliharaan

Belum lagi, ada beberapa biaya yang tak boleh dihilangkan guna memastikan kesehatan “anak” bulu tetap terjaga. Meski begitu, ada beberapa biaya yang dapat dikurangi agar biaya pemeliharaan lebih terkelola secara finansial.

Melansir dari laman Home and Décor, Senin (24/5/2021), berikut ini lima cara menghemat biaya perawatan hewan peliharaan tanpa mengorbankan kualitas hidup si hewan. 

Baca juga: Tips Mencegah Alergi Bulu Hewan Peliharaan

Beli makanan dalam jumlah besar

Untuk memastikan kesehatan hewan peliharaan, pastikan membeli makanan berkualitas tinggi dengan bahan-bahan bergizi. Sayangnya, makanan berkualitas tinggi itu mahal.

Tak jarang, pemilik hewan peliharaan berpenghasilan rendah lebih memprioritaskan biaya daripada kualitas makanan. 

Baca juga: Ini Tanda Alergi Bulu Hewan Peliharaan dan Solusinya

Padahal, makanan anjing berkualitas rendah (diidentifikasi dari daftar bahan yang penuh dengan bahan pengawet dan bahan utama non-protein) dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk obesitas.

Untuk menghemat biaya makan, Anda bisa membeli dog food berkualitas dalam jumlah besar. Memilih ukuran massal dapat menghemat sekitar 15-36 persen dibanding membeli tas yang lebih kecil dari merek makanan anjing yang sama.  

Baca juga: Ini Tanda Alergi Bulu Hewan Peliharaan dan Solusinya

Dokter hewan dengan harga terjangkau

Dokter hewan akan sangat diperlukan selama memelihara anjing. Mulai dari, vaksinasi hingga mengatasi krisis hewan peliharaan darurat.

Selain mencari dokter hewan terbaik, penting juga memperhatikan harga. Coba meluangkan waktu untuk membandingkan harga dokter hewan peliharaan yang satu dengan yang lain. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Bulu Hewan Peliharaan yang Menempel di Pakaian

Hal ini bisa sangat membantu menghemat biaya perawatan, terlebih pemeriksaan rutin dan vaksinasi tidak memerlukan perawatan spesialis yang mahal.

Beberapa dokter hewan ada yang memasang biaya terjangkau untuk sekali pemeriksaan. Tentu saja tarif ini sangat membantu bagi keluarga yang berpenghasil rendah. 

Baca juga: 5 Alasan Anak Anjing Baik untuk Dijadikan Hewan Peliharaan

Jangan boros berbelanja aksesori

Pemilik hewan peliharaan menginginkan hewan mereka berpenampilan menarik. Anjing, misalnya, para pemilik biasanya akan mengenakan mereka kalung anjing yang mahal, pakaian, tempat tidur, mainan, dan aksesori lainnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com