Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui, Kewajiban dan Tanggung Jawab Terhadap Hewan Peliharaan

Kompas.com - 16/12/2020, 10:46 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat kamu mengadopsi atau memperoleh hewan peliharaan, mereka membutuhkan dukungan untuk kelangsungan hidupnya. Dalam hal ini, kamu mengambil tanggung jawab untuk memberikan dukungan itu.

Tentu saja itu bukan tanggung jawab orang lain, sama seperti ketika seseorang menjadi orang tua, dia bertanggung jawab untuk membesarkan anak-anaknya sampai mereka mampu mengurus dirinya sendiri.

Dilansir dari beberapa sumber, Rabu (16/12/2020), memelihara hewan bukanlah komitmen yang bisa dianggap enteng, jika kamu meninggalkan binatang peliharaanmu, itu sudah pasti sangat tidak bertanggung jawab.

Baca juga: Panduan agar Kamu Tetap Sehat Saat Ada Hewan Peliharaan di Rumah

Ketika memperoleh hewan peliharaan, kamu mendaftar untuk merawat selama masa hidupnya, kecuali jika orang lain mau mengambil alih tugas tersebut atau hewan tersebut menjadi sakit parah sehingga tindakan eutanasia dapat dilakukan.

Akan tetapi, sejauh mana komitmen itu? Jika hewan peliharaanmu sakit, apakah kamu wajib memberikan setiap dan semua perawatan yang tersedia, berapa pun biayanya?

Itu tergantung pada apakah, saat kamu mengadopsi hewan peliharaan, kamu setuju untuk memberikan perawatan yang lebih dari biasanya.

Kewajiban di sini bukan berasal dari semacam doktrin hak-hak hewan, tetapi dari komitmen implisit yang dibuat ketika hewan diterima di rumah manusia.

Baca juga: Manfaat Luar Biasa Memelihara Hewan Peliharaan, Apa Itu?

Untuk menyarankan tugas di luar itu, kamu mungkin juga menanyakan apakah seseorang berkewajiban menyelamatkan hewan liar dari predator dan bahaya lainnya?

Jawabannya tidak, seseorang tidak diharapkan untuk merawat hewan yang belum mereka terima di rumah mereka.

Tetapi, begitu seekor hewan diadopsi atau dibeli, maka perawatan harus diberikan. Begitulah, seolah-olah, sifat dari binatang itu.

Memiliki hewan peliharaan adalah hak istimewa, tetapi keuntungan memiliki hewan peliharaan disertai dengan tanggung jawab.

Oleh karena itu jadilah pemilik hewan peliharaan yang bertanggung jawab seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com