Kompas.com - 13/05/2021, 10:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadikan hewan berbulu seperti anjing atau kucing sebagai hewan peliharaan berarti Anda harus siap untuk mendapati berbagai bulu yang berjatuhan di dalam rumah. Mulai dari, karpet, sofa, hingga tempat tidur.

Hal ini merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi pemiliknya, terlebih lagi seseorang yang memiliki alergi pada bulu hewan. 

Baca juga: Ini Tanda Alergi Bulu Hewan Peliharaan dan Solusinya

Dilansir dari Homestolove, Kamis (13/5/2021), ada beberapa cara untuk tetap bisa memelihara hewan tersebut tanpa khawatir terkena alergi. Nah, berikut ini cara mencegah alergi dari bulu hewan peliharaan

Membersihkan Teratur 

Selain merontokkan bulunya, anjing juga melepaskan sel kulit mati yang mengandung alergen. Untuk kucing, alergen dapat ditemukan di air liurnya dan dapat berpindah ke bulunya saat menjilat atau merawat dirinya sendiri. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Bulu Hewan Peliharaan yang Menempel di Pakaian

Mengingat kulit merupakan organ terbesar di tubuh hewan peliharaan, membersihkan bulu hewan secara teratur bukan hanya cara yang bagus untuk mengurangi kerontokan, melainkan juga cara untuk memeriksa benjolan yang tidak diinginkan yang mungkin memerlukan perhatian dokter hewan. 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Menjaga Kebersihan Rumah

Semakin banyak Anda membersihkan, semakin kecil kemungkinan memiliki kotoran, debu, serta bulu hewan peliharaan. Jika hewan peliharaan sering berada di dalam ruangan, sebaiknya belilah penyedot yang dirancang untuk menghilangkan bulu hewan peliharaan. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Bulu Hewan Peliharaan yang Menempel di Pakaian

Alat tersebut biasanya dilengkapi dengan sikat khusus yang lebih efektif dalam menghilangkan bulu hewan peliharaan yang lengket daripada penyedot debu biasa.

Memiliki hewan peliharaan membuat Anda harus menyedot debu dan mengepel lantai lebih sering dari biasanya.

Gunakan Air Purifier

Selain menjaga kebersihan rumah, memastikan kualitas udara dalam ruangan sebaik mungkin juga harus menjadi prioritas jika Anda menderita alergi. 

Baca juga: Pakai Jenis Kain Ini agar Bulu Anjing Tidak Menempel

Penjernih udara tidak hanya dapat meningkatkan kualitas udara dalam ruangan dengan menghilangkan partikel debu, polusi, asap, dan racun di udara, tapi juga menghilangkan bau dan bulu sehingga sangat membantu jika Anda memiliki hewan peliharaan di dalam ruangan. 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X