Kompas.com - 10/05/2021, 08:02 WIB
Ilustrasi membersihkan rumah. SHUTTERSTOCK/VGSTOCKSTUDIOIlustrasi membersihkan rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan serta merapikan rumah merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan sebelum Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran.

Akan tetapi, jadwal pekerjaan yang padat terkadang membuat seseorang tidak memiliki waktu untuk melakukan kegiatan membersihkan rumah.

Dilansir dari Womans Day, Senin (10/5/2021), untuk membersihkan rumah dengan efisien, dapat dilakukan mulai dari titik tertinggi di dalam ruangan, misalnya rak tinggi, kemudian pindah dari sisi kiri ke kanan dan ke bawah.

Baca juga: 6 Mitos Membersihkan Rumah yang Masih Dipercaya sampai Sekarang

Dengan cara ini, Anda tidak akan melewatkan apapun, dan ketika menjatuhkan kotoran atau debu ke bawah bisa dibersihkan saat pembersihan terakhir.

Berikut beberapa langkah untuk membersihkan rumah dengan cepat dan lebih efisien. 

1. Membersihkan debu

Langkah pertama adalah bersihkan debu di setiap ruangan, termasuk bagian atas semua furnitur, bagian bawah rak, dan semua pegangan tangan, serta bingkai foto, layar TV, dan pernak-pernik.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Agar pembersihan lebih cepat, gunakan kain mikrofiber yang dibasahi dan hindari pemakaian kemoceng karena hanya akan memindahkan debu dari satu tempat ke tempat lainnya. Untuk menghilangkan sidik jari, gunakan air hangat dan kain mikrofiber.

Baca juga: Ternyata, Membersihkan Rumah Bisa Usir Stres

2. Bersihkan area tempat tidur

Setelah semua debu hilang, hal selanjutnya adalah merapikan bantal, selimut, dan tempat tidur.

3. Bersihkan cermin dan kaca

Bersihkan cermin dan jendela di seluruh rumah. Ingat, jangan menggunakan kertas koran untuk membersihkan kedua benda ini.

4. Bersihkan meja

Bersihkan seluruh meja di dalam rumah, mulai dari meja makan, ruang tamu dan lainnya, lakukan disinfeksi seperlunya.

Pastikan juga untuk menyeka semua benda yang disentuh jari, seperti gagang pintu, sakelar lampu, remote TV, dan telepon. Ini adalah benda-benda yang kerap dilupakan orang, dan mereka benar-benar menyimpan kuman.

Halaman:


Sumber Womans Day
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X