Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Cara Bikin Momen Membersihkan Rumah Jadi Menyenangkan

Kompas.com - 18/03/2021, 09:19 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Membersihkan rumah seringkali menjadi sebuah kegiatan yang melelahkan dan membosankan. Karena itulah, kebanyakan orang menjadi malas melakukannya.

Akibatnya, rumah menjadi semakin kotor dan pekerjaan justru menumpuk.

Untuk itu, kamu perlu membuat momen membersihkan rumah menjadi menyenangkan. Dilansir dari Love To Know, Kamis (18/3/2021), berikut adalah 10 cara jadikan momen membereskan ruman menjadi menyenangkan.

Baca juga: 5 Trik Efisien Membersihkan Rumah

1. Putar musik

Baik musik keras, musik lembut, musik pop, atau musik klasik, mendengarkan musik dapat meningkatkan suasana hati, menggerakkan tubuh, dan memberi otak sesuatu untuk dilakukan saat membersihkan rumah.

Membersihkan bisa jadi monoton, tetapi jika dilakukan sambil menyanyi, menari, dan memutar-mutar musik dapat menambah semangat. Jadi jangan takut untuk memutar musik saat membersihkan rumah, ya!

2. Buatlah menjadi seperti sedang berolahraga

Tahukah kamu bahwa pembersihan membakar kalori? Saat kamu membersihkan rumah, kamu akan berdiri di atas kakimu, berjalan bolak-balik, naik turun dan mengangkat beberapa barang.

Aktivitas fisik ini bisa disebut sebagai latihan jika dilakukan sikap yang benar. 

Baca juga: 6 Mitos Membersihkan Rumah yang Salah, Tak Usah Dilakukan

3. Bikin permainan

Kamu bisa membuat permainan bersih-bersih. Kamu bisa melibatkan saudara, pasangan, anak-anak atau teman sekamarmu.

Tetapkan setiap tugas pembersihan di rumah dengan sejumlah poin. Siapa pun yang menyelesaikan tugas mendapat poin. Di akhir minggu, siapa pun yang memiliki poin terbanyak akan menerima beberapa jenis hadiah.

4. Berpacu dengan waktu

Kamu dapat menggunakan pengatur waktu sebagai cara untuk menghitung waktu sendiri untuk melihat siapa yang membersihkan bagiannya paling cepat. Pakai pengatur waktu sebagai cara untuk memotivasi diri agar agar menyelesaikannya dengan lebih cepat.

5. Membuat daftar pekerjaan

Daftar tugas mungkin tidak tampak menyenangkan, tetapi kamu dapat menggunakannya untuk mengatur kebiasaan bersih-bersih, mengurangi jumlah waktu yang di habiskan untuk membersihkan dan bahkan menambahkan hadiah untuk rutinitas bersih-bersihmu bersama keluarga. Ini juga merupakan cara untuk bisa melibatkan semua orang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com