Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/03/2021, 08:36 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah menjadi tempat yang lebih sibuk dari sebelumnya, jika memiliki anggota keluarga yang banyak. Terlebih lagi, dalam kondisi pandemi seperti ini, rumah menjadi tempat utama untuk melakukan aktivitas.

Dilansir dari Better Homes & Garden, Kamis (18/3/2021), dengan kondisi semua orang berada di dalam rumah, akan menyebabkan kekacauan yang lebih banyak daripada saat semua orang beraktivitas di luar ruangan.

Piring kotor terus menumpuk, kotoran dan remah-remah menumpuk lebih cepat, dan kekacauan menjadi perlengkapan rutin di sebagian besar ruangan. Tetapi Anda tidak punya waktu menghabiskan berjam-jam setiap hari untuk merapikan.

 

Baca juga: 6 Mitos Membersihkan Rumah yang Salah, Tak Usah Dilakukan

Kunci agar rumah tetap bersih adalah rutinitas pembersihan yang lebih efisien. Masukkan tugas pembersihan dasar ke dalam jadwal harian Anda, prioritaskan pekerjaan besar, dan ajak semua orang untuk ikut serta.

Berikut adalah lima strategi praktis untuk menjaga rumah Anda lebih bersih dan lebih hemat waktu.

Kendalikan Kekacauan

Lebih mudah untuk menghentikan kekacauan terjadi daripada menanganinya nanti. Kurangi apa yang kotor dengan meninggalkan sepatu di depan pintu, membatasi makanan di dapur dan ruang makan, dan menetapkan proyek kerajinan di satu tempat.

Pastikan semua anggota keluarga mengetahui aturan dan mengikutinya. Membatasi aktivitas yang berantakan di area tertentu berarti Anda akan memiliki lebih sedikit tempat untuk dibersihkan nantinya.

Baca juga: 6 Trik Membersihkan Rumah yang Tidak Ampuh, Apa Saja?

Membersihkan di Sela-Sela Waktu

Pembersihan secara keseluruhan membutuhkan waktu yang lebih banyak daripada membersihkan di sela-sela kegiatan.

Seperti membersihkan keran, wastafel, dan meja makan setelah melakukan aktivitas di area tersebut.

Partisipasi Anggota Keluarga

Semua orang di rumah dapat membantu, bahkan anak kecil. Jadikanlah pekerjaan rumah tangga sebagai bagian dari rutinitas keluarga sehari-hari seperti halnya makan dan aktivitas daripada tugas "yang harus kita lakukan".

Sisihkan waktu setelah makan malam setiap malam untuk merapikan cepat. Membersihkan pada saat yang sama, meskipun di ruangan yang berbeda, membuatnya terasa seperti kerja tim.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com