Kompas.com - 10/05/2021, 04:01 WIB
Ilustrasi bantal. FREEPIK/MRSIRAPHOLIlustrasi bantal.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bantal merupakan hal terpenting yang menjadi indikator kenyamanan saat tidur.

Jika Anda pernah bangun tidur dengan leher kaku atau merasa tidak bisa tidur nyenyak, dalam beberapa kasus, bantal dapat menjadi salah satu penyebabnya.

Dilansir dari Better Homes & Gardens Australia, Senin (10/5/2021) menurut Presiden Nasional Asosiasi Fisioterapi Australia (APA) Marcus Dripps, memilih bantal yang tepat akan membantu memastikan Anda tidur nyenyak dan nyaman. 

Baca juga: Dari Jerawat sampai Asma, Ini Bahaya Malas Mencuci Sarung Bantal

Bantal Anda harus memberikan dukungan yang cukup untuk menjaga leher dan punggung Anda tetap sejajar. Sebuah studi tahun 2010 tentang berbagai jenis bantal menemukan bahwa lateks, atau 'bantal memori', bekerja secara konsisten lebih baik daripada bantal busa dalam mengurangi sakit kepala dan nyeri saat bangun.

Bantal ini dianggap bekerja lebih baik karena dirancang dengan kontur agar sesuai dengan lekukan alami leher dan bahu Anda.

Panduan Memilih Bantal yang Tepat

Ketika ingin memilih bantal yang tepat, yang harus diperhatikan adalah bantal tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bantal yang terlalu tinggi atau kaku dapat menyebabkan leher Anda 'melentur', dan menyebabkan nyeri dan kaku di pagi hari.

Baca juga: Kapan Harus Mengganti Bantal? Ini Tanda-tandanya

Selain itu, posisi tidur Anda juga dapat memengaruhi pilihan bantal, misalnya jika Anda tidur telentang, bantal yang lebih datar dengan kontur lebih rendah mungkin akan lebih nyaman.

Sementara itu, untuk seseorang yang biasa tidur menghadap ke samping, bantal dengan kontur lebih tinggi biasanya direkomendasikan.

Ini adalah gaya bantal yang lebih nyaman untuk leher dan bahu Anda. Yang harus diketahui adalah para ahli menyarankan agar Anda tidak tidur tengkurap.

Posisi ini menyebabkan punggung Anda melengkung dan menyebabkan ketegangan pada tulang belakang dan leher Anda.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X