Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sarung Bantal Sutra dan Satin Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak?

Kompas.com - 16/03/2021, 21:25 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ternyata, memilih sarung bantal yang tepat dapat memberi dampak besar bagi kualitas tidur dan kesehatan kulit Anda. Sarung bantal kasar yang terbuat dari bahan yang salah dapat membuat Anda lebih banyak berkeringat dan berdampak negatif pada kualitas tidur.

Dilansir dari Woman and Home, Selasa (16/3/2021), misalnya adalah sarung bantal katun. Meski bahannya lembut dan hangat, tetapi Anda mungkin tidak tahu bahwa bahan katun terkenal karena membuat kulit Anda kering serta rambut rapuh dan rentan patah.

Katun mungkin bagus untuk menghilangkan kelembaban dari kulit, tetapi serat yang kasar dapat menangkap rambut Anda, sehingga membuatnya kusut.

Baca juga: Kenapa Seprai dan Sarung Bantal di Hotel Berwarna Putih?

Untuk memastikan tidur yang nyaman dan nyenyak, sarung bantal sutra atau satin adalah pilihan yang lebih baik daripada serat mikro atau katun.

Namun, mana yang sebaiknya kita pilih, sarung bantal satin atau sutra? Berikut penjelasannya.

Apa perbedaan bahan sutra dan satin?

Sutra adalah serat alami yang berasal dari kepompong ulat sutera. Sutra pernah dianggap sebagai komoditas berharga yang memiliki nilai lebih besar daripada emas dan tetap mahal hingga saat ini karena proses ekstensif yang terlibat dalam pembuatannya.

Sutra halus saat disentuh, dengan rasa lembut, hampir seperti lilin. Bahannya yang mewah, menjadikan bantal sutra sebagai salah satu bantal pendingin terbaik yang pernah ada.

Baca juga: Ingin Tidur Nyenyak? Letakkan Tanaman Herbal Ini di Sarung Bantal

Adapun satin dibuat dari bahan lain dan bukan serat alami. Ini sering dianggap sebagai semacam "sutra cepat saji" karena hanya membutuhkan sedikit waktu untuk membuat serat dan menjalinnya bersama.

Namun, satin tetap akan terasa lembut saat disentuh dan bahkan bisa terasa halus seperti sutra.

Anda dapat membedakan keduanya dengan melihat setiap sisi bahan, yakni sebagai berikut.

  • Sutra memiliki kilau kilap yang konsisten di kedua sisinya. Saat Anda memeriksa serat sutra, Anda akan melihat pola seperti prisma, perbedaan warna yang halus, dan kilau warna-warni.
  • Satin mengilap di satu sisi dan kusam di sisi lain. Satin memiliki pola tenun. Kilau yang tinggi dan kemilau yang konsisten dihasilkan dari cara pabrik membuat benang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com