Kompas.com - 06/05/2021, 18:29 WIB
Ilustrasi kulkas, menyimpan makanan di kulkas. SHUTTERSTOCK/IAKOV FILIMONOVIlustrasi kulkas, menyimpan makanan di kulkas.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kulkas telah menjadi perangkat elektronik penting pada kehidupan rumah tangga setiap orang, di mana lemari pendingin ini berfungsi sebagai ruang penyimpanan makanan dan minuman agar lebih segar dan tahan lama.

Meski berfungsi untuk menyimpan makanan dan minuman, bukan berarti kamu bisa masukkan segala sesuatunya ke dalam kulkas, apalagi disimpan selama-lamanya.

Sebab ada beberapa hal, baik itu dari makanan maupun minuman yang harus kamu singkirkan dari dalam kulkasmu, dan ini penting untuk kamu lakukan agar kulkasmu terjaga dengan baik.

Baca juga: 6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Kulkas Bekas

Dilansir dari beberapa sumber, Kamis (6/5/2021), berikut ini ada 7 hal yang harus segera kamu buang dari dalam kulkas. 

1. Makanan dan minuman yang berjamur atau basi

Jika kamu melihat sesuatu yang berjamur, tanpa pikir panjang keluarkan dari kulkas dan segera buang. Ini bisa berupa buah beri atau roti berbulu yang tersimpan di bagian belakang kulkas.

Suhu dingin kulkas hanya memperlambat pertumbuhan jamur, tetapi tidak akan mencegahnya sepenuhnya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika kamu secara fisik dapat melihat jamur tumbuh pada makananmu, itu sudah terlambat untuk menyelamatkannya. Jamur sudah berakar di dalamnya, dan harus dikeluarkan dari kulkas sebelum menyebar ke makanan yang lain.

Baca juga: Hati-hati, Jangan Langsung Nyalakan Kulkas yang Baru Dipindahkan

Semakin lama makanan maupun minuman berjamur disimpan di kulkasmu, semakin besar risiko kontaminasi silang.

2. Makanan atau minuman kaleng yang terbuka

Kaleng makanan atau minuman yang terbuka menyebabkan isinya mengering. Artinya, rasanya akan rusak. Selain itu, makanan atau minuman di dalamnya bisa terkontaminasi oleh aroma dan tetesan isi kulkas lainnya.

Tutupi semua makanan dan minuman berkaleng yang terbuka sebelum memasukkannya ke dalam kulkas.

3. Makanan atau minuman yang berlendir atau mengerut

Ketika kantong sayuran yang ada di belakang lemari es mulai berlendir, tidak ada harapan untuk menggunakannya dalam resep apa pun.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X