Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Kulkas Bekas

Kompas.com - 05/05/2021, 18:07 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Peran penting yang dihadirkan kulkas tampaknya sulit ditolak oleh banyak orang. Kulkas bermanfaat menyimpan dan menjaga kesegaran makanan maupun minuman lebih lama.

Sayangnya, harga kulkas baru masih tidak terjangkau oleh sebagian kalangan sehingga ada yang cenderung memilih kulkas bekas dengan harga miring. Lebih memilih membeli kulkas bekas bukan suatu hal yang harus dihindari. 

Baca juga: Hati-hati, Jangan Langsung Nyalakan Kulkas yang Baru Dipindahkan

Selama kondisinya memang masih oke dan layak digunakan tak jadi soal. Jadi, apabila kamu berencana membeli kulkas bekas, penting mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini seperti dikutip dari berbagai sumber, Rabu (5/5/2021).

Pilih Kondisi Fisik yang Masih Bagus

Meski dalaman mesin kulkas memainkan peran penting untuk menjalankan fungsi pendinginan, kamu juga perlu memperhatikan kondisi fisiknya. 

Baca juga: 8 Tips Menata Isi Kulkas dan Ruang Penyimpanan agar Tampak Rapi

Pilih kulkas bekas dengan kondisi fisik yang masih oke, khususnya tampilan luar. Jika kondisi fisik kulkas bekas masih bagus, ini tidak membuatnya terlihat seperti membeli kulkas bekas.

Pilih Merek Ternama

Peralatan elektronik dengan merek besar seharusnya lebih tahan lama digunakan. Cari kulkas bekas dengan merek ternama dan ketahui sudah berapa lama kulkas tersebut digunakan. 

Baca juga: Ini Permasalahan Umum yang Sering Terjadi pada Kulkas

Pastikan Komponen Masih Lengkap

Jika memilih membeli kulkas bekas, pastikan bahwa komponen atau kompartemennya masih lengkap serta periksa apakah itu masih berfungsi dengan baik atau tidak. Komponen yang dimaksud bisa berupa rak atau tempat penyimpanan air, sayur dan buah, daging dan ikan, serta freezer.

Pilih yang Masih Bergaransi

Kulkas bekas yang masih memiliki garansi layak untuk dipertimbangkan karena menandakan belum adanya kerusakan apa pun serta umur pemakaian yang belum lama. 

Baca juga: Mengapa Pintu Kulkas Tidak Bisa Menutup Sempurna? Kenali Sebabnya

Periksa Kedinginan, Bau, dan Segel Pintu 

Dikutip dari Learn Compact Appliance, periksa kedinginan, bau, dan segel pintu kulkas bekas yang ingin dibeli. Jika memungkinkan, periksa suhu internal freezer dan kulkas agar makanan tidak rusak. Suhu ini masing-masing harus 16 derajat Celcius dan empat derajat Celcius.

Bau menjijikkan yang masuk ke kulkas akan sangat sulit menghilangkannya. Jadi, periksa bau kulkas bekas sebelum membeli. 

Baca juga: Awas, Gagang Pintu kulkas Bisa Jadi Sarang Bakteri dan Kuman

Untuk menguji segel yang rapat, masukkan selembar kertas di antara pintu tertutup dan unit kulkas. Harus ada hambatan saat kamu mencoba mengeluarkan kertas. Jika tidak, periksa untuk melihat apakah masalahnya dapat diatasi dengan mengencangkan engselnya atau perlu perbaikan lebih.

Pilih yang Hemat Listrik

Kulkas bekas yang hendak dibeli mungkin memiliki daya cukup besar karena teknologi terdahulu. Jadi, tanyakan terlebih dulu daya yang diperlukan untuk menyalakan kulkas bekas yang ingin dibeli. 

Baca juga: Cara agar Bakteri Tidak Berkembang di Dalam Kulkas

Pilih kulkas yang hemat listrik agar niatmu membeli kulkas untuk berhemat tidak berujung menjadi boros setiap bulan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com