Kompas.com - 05/05/2021, 17:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki warna terang dan bentuknya yang cantik, membuat bunga matahari menjadi salah satu bunga favorit untuk ditanam di pekarangan rumah.

Bunga matahari terkenal dengan kepala bunganya yang sebesar 30 cm serta ketinggiannya hingga mencapai 3-5 meter tergantung varietasnya.

Namun, dilansir dari Gardening Know How, Rabu (5/5/2021) beberapa varietas kerdil yang lebih kecil dapat tumbuh subur di dalam wadah atau pot. Tetapi, untuk menanam bunga matahari ini di dalam pot memerlukan perawatan khusus.

Baca juga: Cara Menanam dan Merawat Bunga Matahari di Media Pot

Bagaimana caranya? Simak ulasannya berikut ini.

Pemilihan wadah, tanah, dan perawatan

Seperti disebutkan, varietas kerdil, yang tingginya di bawah 1 meter, sangat cocok ditanam di dalam. Jika Anda ingin menumbuhkan bunga matahari yang lebih tinggi hal tersebut masih bisa dilakukan, namun diperlukan wadah yang lebih besar.

Varietas yang lebih kecil akan tumbuh dengan baik jika pemilihan pot dilakukan dengan baik. Misalnya, bunga matahari yang tumbuh hingga 1,5 meter atau kurang harus ditanam di pot berukuran diameter 25-30 cm.

Namun, terlepas dari varietasnya, semua bunga matahari yang ditanam dalam wadah harus memiliki lubang drainase dan ditempatkan di area yang menerima sinar matahari penuh.

Baca juga: Cara Mudah Menanam dan Merawat Bunga Matahari

Bunga matahari membutuhkan tanah yang dikeringkan dengan baik yang mempertahankan kelembaban. Untuk pot yang lebih besar, campurkan media pot dengan vermikulit untuk meringankan bobot pot.

Tambahkan lapisan bahan drainase seperti kerikil, potongan pot terakota, atau busa polistiren ke dasar pot lalu tambahkan media pot, isi wadah hingga sekitar setengahnya. Tanam bunga matahari dan isi di sekitar akar dengan tanah tambahan, lalu sirami dengan baik.

Pastikan untuk mengawasi kebutuhan penyiraman bunga matahari yang ditanam dalam wadah. Mereka akan mengering lebih cepat daripada yang ditanam di taman.

Aturan umumnya adalah menyediakan 2,5 cm air per minggu tergantung pada kondisi cuaca. Sirami tanaman ketika atas tanah terasa kering saat disentuh.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.