Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Pintu Kulkas Tidak Bisa Menutup Sempurna? Kenali Sebabnya

Kompas.com - 21/04/2021, 13:33 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber CNET

JAKARTA, KOMPAS.com - Lemari es atau kulkas menjadi alat elektronik yang paling diandalkan untuk mengawetkan bahan makanan. Namun, terkadang beberapa orang meletakkan bahan makanan terlalu banyak di dalam kulkas, sehingga menyebabkan kulkas tidak bekerja secara maksimal.

Meletakkan bahan makanan yang berlebih ini juga berakibat kulkas yang cepat rusak, misalnya pada bagian pintu kulkas.

Sebab, ketika Anda meletakkan makanan terlalu banyak di bagian pintu kulkas, akan menyebabkan pintu tidak bisa tertutup rapat karena karet pada pintu kulkas yang tidak lagi menempel.

Baca juga: Ini Alasan Harus Melakukan Defrost Kulkas

Dilansir dari CNet, Rabu (21/4/2021), ada beberapa alasan umum yang menyebabkan pintu kulkas tidak tertutup rapat, salah satunya banyak beban di bagian pintu. Untuk mengatasinya, singkirkan semua beban berat seperti susu, atau jus, hal ini dapat mengurangi bebannya.

Selain itu, kulkas yang tidak rata pada bagian depannya yakni miring, pintunya tidak akan tetap tertutup. Alasan lainnya adalah engsel yang tidak sejajar.

Hal ini diakibatkan karena penggunaannya selama bertahun-tahun dapat membebani engsel kulkas sehingga dapat menurunkannya. Untuk mengatasinya, kencangkan dan sesuaikan engsel dengan obeng.

Segel di sekitar kulkas atau yang disebut paking berfungsi sesuai dengan namanya, yakni menyegel udara dingin sehingga makanan tetap segar.

 

Baca juga: Awas, Gagang Pintu kulkas Bisa Jadi Sarang Bakteri dan Kuman

Segel yang tidak berfungsi dengan baik akan mencegah unit mempertahankan suhu yang aman, selain itu, hal ini dapat menaikkan tagihan listrik Anda karena alat bekerja lebih keras untuk tetap dingin.

Bersihkan paking

Terkadang ketika pintu tidak mau menutup atau sepertinya terbuka dengan sendirinya, masalahnya adalah segel yang kotor. Untuk membersihkannya, Anda dapat menggunakan air hangat yang dicampur dengan setetes sabun cuci piring. 

Kemudian, celupkan sikat gigi bekas ke dalam campuran dan gunakan untuk menggosok paking.

Pastikan untuk membersihkan kotoran di setiap sisi segel. Kemudian, seka paking dengan handuk basah. Untuk mencegah kotoran pada segel menjadi masalah lagi, pastikan untuk membersihkannya seminggu sekali.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com