Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Betulkah Anjing Berwarna Cokelat Lebih Berumur Pendek?

Kompas.com - 06/05/2021, 10:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi pencinta dan pemilik anjing, tentu mereka setuju bahwa anjing lebih dari sekadar hewan peliharaan. Anjing adalah sahabat, bahkan bagian dari keluarga. Tak heran, kesehatan anjing pun menjadi prioritas.

Para pemilik anjing memperhatikan betul kesehatan sahabat bulu mereka, baik fisik maupun psikologisnya. Mulai dari, memberi makanan yang sehat, memberinya jumlah latihan yang tepat, hingga memberikan perhatian dan cinta. 

Baca juga: Berapa Lama Usia Hidup Anjing Chihuahua? Ini Penjelasannya

Namun, sama dengan manusia, seiring berjalannya waktu, kesehatan anjing pun menurun. Penurunan kesehatan ini tak lain karena faktor usia yang terus bertambah. 

Pemilik anjing tentu menginginkan hewan peliharaan mereka tetap sehat dan hidup selama yang mereka inginkan alias berumur panjang. Sayangnya, kenyataan tak demikian. Faktor usia anjing pun tak jarang jadi pertimbangan orang sebelum memutuskan memelihara anjing. 

Baca juga: Karpet Dikencingi Anjing atau Kucing? Begini Cara Membersihkannya

Secara umum, rata-rata usia hidup anjing seperti anjing pudel, anjing Great Danes diperkirakan mencapai 10-13 tahun. Namun, anjing Chihuahua dapat hidup hingga 20 tahun.

Akan tetapi, usia anjing ini bervariasi dan dipengaruhi sejumlah faktor seperti ras, sifat anjing, dan warna bulu. Bahkan, rahasia umur panjang sangat terkait dengan warna bulu yang dimiliki anjing.

Baca juga: 5 Alasan Anak Anjing Baik untuk Dijadikan Hewan Peliharaan

Penelitian baru dari University of Sydney mempelajari tentang anjing ras Labrador Retriever. Hasilnya ditemukan bahwa anjing Labrador yang berbulu cokelat memiliki usia hidup lebih pendek dibanding keturunan yang berwarna kuning dan hitam. 

Alasannya, kata Paul McGreevy,professor sekaligus penulis utama penelitian dari Fakultas Sains, mungkin karena gen resesif. 

Baca juga: Cara Menghentikan Gonggongan Anjing Tanpa Berteriak

“Hubungan antara warna bulu dan penyakit mungkin mencerminkan konsekuensi yang tidak disengaja dari pengembangbiakan pigmentasi tertentu,” katanya dikutip dari Reader’s Digest, Kamis (6/5/2021). 

Menurut penelitian—yang dilakukan pada anjing Labrador yang tinggal di Inggris Raya dan saat ini sedang direplikasi di Australia—rata-rata usia hidup Labrador non-cokelat adalah 12,1 tahun. Usia ini 10 persen lebih lama daripada anjing Labrador cokelat. 

Baca juga: Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Saat Memandikan Anjing

Selain itu, penelitian yang menguji lebih dari 33 ribu anjing ras Labrador di seluruh Inggris juga mengungkapkan bahwa Labrador cokelat lebih rentan menderita masalah kesehatan seperti infeksi telinga dan penyakit kulit.

Para peneliti juga mencatat banyak dari anjing Labrador cenderung mengalami kelebihan berat badan, tak peduli apa pun warnanya. Untuk itu, pantau dan jaga pola makan Labrador demi mencegah obesitas. 

Baca juga: 6 Tips Membuat Anjing Panjang Umur

Meski mudah mengalami obesitas dan masalah kesehatan, anjing Labrodor termasuk salah satu ras anjing terpintar yang ada di bumi bersama dengan anjing pudel atau Poodle dan ras Golden Retriever. 

Penelitian ini tidak menyebut apakah penemuan tersebut berlaku untuk semua anjing berwarna cokelat dari semua ras atau hanya ras Labrador. Namun, setidaknya ini bisa menjadi gambaran bagi mereka yang ingin memelihara anjing untuk mempertimbangkan memilih warna di luar cokelat bila ingin lebih lama bersama anjing kesayangan Anda. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com